Lolos 12 Besar, Bangka Tengah Ikuti Penilaian Kabupaten Terbaik Nasional PPD 2023 Tahap III

Lolos 12 Besar, Bangka Tengah Ikuti Penilaian Kabupaten Terbaik Nasional PPD 2023 Tahap III

Bupati Algafry Rahman bersama jajaran Forkopimda Bateng usai penilaian tahap III PPD 2023.--Sindi/Yandi

BABELPOS.ID, KOBA - Kesempatan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) untuk meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023 di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah memasuki tahap III di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Bateng pada Kamis (6/4/2023).

Pemkab Bangka Tengah menjadi juara 1 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), kemudian menuju tingkat nasional hingga ke tahap 3 dan Kabupaten Bateng termasuk dalam salah satu Top 12 di Final PPD tahun 2023. 

Sebelumnya telah dilakukan penilaian tahap 1 yaitu penilaian dokumen RKPD kemudian penilaian tahap 2 adalah wawancara Bupati beserta tim daerah, dan penilaian tahap ke 3 adalah peninjauan lapangan dan FGD.

"Alhamdulillah kita masuk 12 besar dan ini merupakan penilaian PPD tahap ketiga oleh Pemerintah Pusat melalui Bappenas dan kita libatkan semua stakeholders, termasuk Forkopimda, forum anak, perwakilan pemuda dan lainnya," ujar Bupati Bateng, Algafry Rahman kepada babelpos.id.

BACA JUGA:Bangka Tengah Wakili Babel Ikuti Penilaian Kabupaten Terbaik Nasional PPD 2023

Dikatakan Algafry, program unggulan dari Bangka Tengah yang diajukan adalah dalam bidang Kesehatan, Perikanan, Pertanian dan lainnya.

"Sudah disampaikan program unggulan kita, seperti budidaya air tawar dan air payau (Crab Box), budidaya udang vaname," tuturnya.

Ia pun berharap dengan penilaian ketiga ini, Kabupaten Bangka Tengah bisa menjadi yang terbaik.

"Kesempatan ini adalah yang pertama kali untuk Bangka Tengah bisa tampil ditahap tiga dan semoga mendapat hasil yang terbaik," ujarnya.

BACA JUGA:PPDB Tingkat SMP Berakhir, Ada 3 Sekolah Negeri di Bateng Dengan Pendaftar Melebihi Kuota

Sementara itu, Tim Penilai Independen, Syahrial Loetan mengatakan Bangka Tengah menjadi salah satu Kabupaten se-Indonesia yang berhasil lolos ke tahap 12 besar dari ratusan Kabupaten.

"Masuk 16 besar sudah super elit, ditambah lagi masuk 12 besar, jadi ditahap ini kami kembali melakukan penelusuran terkait paparan yang sempat disampaikan dan hari ini kita membuktikan apa yang disampaikan Bupati dan Tim adalah benar-benar terjadi di lapangan," terangnya.

Ia mengaku sangat bangga dengan hasil yang dilihat, karena di atas targetnya dan pihaknya bakal berjuang dengan penilaian para penjuri untuk mempertahankan argumen, sehingga mendapatkan hasil yang terbaik.

Menurutnya dari segala sisi, Bangka Tengah tidak ada hasil yang mengecewakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: