Menekan Inflasi, BPP Pulau Besar Panen Cabai 30 Kilogram

Menekan Inflasi, BPP Pulau Besar Panen Cabai 30 Kilogram

Panen cabe oleh jajaran Camat Pulau Besar di lahan BPPT.--

BABELPOS.ID, TOBOALI - Camat Pulau Besar dan jajarannya panen cabai sebanyak 30 kilogram di lahan milik Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Desa Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Kamis (09/03).

Panen cabai ini sudah ke 7 terhitung dari tahun 2022. Untuk tahun 2023 adalah yang kedua kalinya.

Camat Pulau Besar Imam Mubarak bersyukur bisa panen cabai kedua kalinya tahun ini.

"Tak tanggung tanggung jumlah panen kali ini sebanyak 30 kilogram yang ditanam di lahan milik BPP seluas 1/8 hektar," ungkapnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Panen Cabai di Puding Besar, Dorong Masyarakat Lebih Bersemangat Bertani

Cabai yang dipanen ini ditanam pada awal Desember 2022 yang lalu. Jika dihitung mulai tahun 2022 lalu, artinya sudah 7 kali panen dengan total kurang lebih sebanyak 100 kilogram.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PPP) Basel melalui BPP Kecamatan Pulau Besar sudah melaksanakan dan memprogramkan kegiatan ini," tuturnya.

Dikatakan Imam, penanaman cabai ini merupakan upaya menjaga harga komoditas cabai merah tetap terjangkau menjelang bulan Ramadan.

"Harga cabai di Kecamatan Pulau Besar masih terkendali hanya kisaran harga Rp 60/kilogram. Walaupun kebutuhan cabai merah sangat tinggi tetapi bisa teratasi dengan adanya suplai cabai dari BPP Kecamatan Pulau Besar," terangnya.

BACA JUGA:Tekan Inflasi, BI Babel Berikan Pelatihan Budidaya Cabai Bagi KWT, PKK dan Pondok Pesantren

Kedepannya ia berharap program seperti ini bisa terus ditingkatkan, bila perlu Pulau Besar menjadi sentra penyuplai cabai untuk Basel.

"Terima kasih juga kepada Pemkab Basel melalui Dinas terkait, Koordinator BPP, Kepala sekolah SMKN 1 Pulau Besar, Gapoktan, Poktan serta para penyuluh Pertanian, dan semoga dapat membantu dalam penekanan inflasi di daerah," ucapnya. (*)

BACA JUGA:Harga Cabai Tinggi, Petani Bateng Raup Untung Besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: