DPL Unmuh Babel Dampingi Pokdakan Maksimalkan Potensi Ikan Tawar di Lubuk Pabrik

DPL Unmuh Babel Dampingi Pokdakan Maksimalkan Potensi Ikan Tawar di Lubuk Pabrik

KKN Pengabdian Masyarakat Unmuh Babel di Desa Lubuk Pabrik.--

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Unmuh Babel di Perlang Tawarkan Ini untuk Jernihkan Air

Agung Setiawan juga mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Lubuk, Pokdakan dan masyarakat Lubuk Pabrik yang telah mendukung, sehingga kegiatan ini dapat berjalan sukses. Dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pendampingan dan solusi yang tepat.

Agung mengaku mendapatkan informasi bahwa selama ini umumnya Pokdakan masih banyak mengalami kendala dalam usaha budidaya ikan lele dan nila ini, yakni mulai dari pakan, kondisi habitat dan lain sebagainya

Ia juga menyebut, bahwa salah satu yang menjadi kekwatiran Pokdakan Lubuk Pabrik adalah, ikan nila dan lele yang dibudidaya rentan mati, kondisi ini sering ditemukan sering, terutama saat curah hujan tinggi. Kematian ini ditandai karakteristik sisik mengelupas dan insang bercak putih. 

BACA JUGA:Tim Dosen Pengabdian Unmuh Babel Dampingi Tata Kelola Kawasan Wisata Pantai Tanjung Ru

Perlu diketahui bahwa kolam budidaya ikan yang digunakan umumnya adalah bekas kulong yang usianya sudah lebih dari 20 tahun, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait segala permasalahan pembudidaya ikan, tutur putri.

“Sekali lagi kami konsepnya kegiatan pengabdian masyarakat ini, besar sekali manfaatnya dalam rangka mendorong penerapan dan pelatihan budidaya ikan tawar yang lebih baik. Apalagi ilmu yang sampaikan ini bisa diaplikasikan langsung ke dalam kegiatan pembudidayaan ikan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal,” harap Agung Setiawan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: