Gedung Juang Jadi Rumah Budaya Bangka, Apa Isinya?

Gedung Juang Jadi Rumah Budaya Bangka, Apa Isinya?

Gedung Juang Sungailiat yang akan dijadikan Rumah Budaya Bangka.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Benda-benda bersejarah dan kebudayaan Kabupaten Bangka yang unik jangan sampai hilang. Karenanya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka berencana akan membuat Rumah Budaya. Dan tempat yang dipilih sebagai Rumah Budaya itu adalah Gedung Juang Sungailiat. Gedung di gerbang Kota Sungailiat yang baru selesai direhab.

Kepala Disparbud Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madonna M.Si mengungkapkan, nantinya berbagai macam benda budaya akan ada di Rumah Budaya Daerah, seperti miniartur berbagai rumah adat daerah Bangka, pakaian pengantin khas dan pernak pernik lainnya.

BACA JUGA:Ada Wisata Kekinian di Puri Ansell, Camping Mobil Campervan! Segini Tarifnya

"Jadi semua benda bersejarah terkait budaya daerah kita, akan kita kumpulkan dan dikoleksi di Rumah Budaya Daerah ini. Bisa juga peralatan kesenian, seperti alat musik tradisional, pakaian, busana para penari daerah dan lainya," jelasnya.

BACA JUGA:Balai Adat Laboe Oesang Diresmikan, Sarana Pelestarian Budaya Melayu

Rumah Budaya Daerah akan berkonsep layaknya museum dan akan dibuka untuk umum.

"Jadi masyarakat khususnya generasi muda dan para pelajar bisa mengenal sejarah budaya daerah," ujarnya.

BACA JUGA:Lewat Trabel#1, Wisata Belinyu Diharap Kian Terkenal

Ditambahkan Wira, keberadaan Gedung Juang Sungailiat sesuai SK Bupati Bangka, karena berusia lebih kurang 50 tahun, sudah menjadi cagar budaya. Lalu, untuk tingkat nasional sejak tahun 2016 Gedung Juang masuk dalam kategori warisan tak benda, yang harus dijaga kelestarian sebagai nilai sejarah di Kabupaten Bangka.

"Karena termakan usia, kondisi Gedung Juang Sungailiat mengalami kerusakan-kerusakan, sehingga pada tahun 2021 lalu direhab, tanpa merubah bentuk asli gedung yang ada seperti dulu," tambah Wira.(**)

BACA JUGA:Yuk ke Wisata Alam Sungai Simpang Kota Waringin, Bisa Rekreasi Sambil Mancing Udang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: