DKB Buka Ruang Diskusi Pelaku Seni Bangka

DKB Buka Ruang Diskusi Pelaku Seni Bangka

Dialog DKB dengan seniman dan Disparbud Bangka.--Foto: Yudi

BABELPOS.ID, BANGKA - Dewan Kesenian Bangka (DKB) membuka ruang diskusi kepada pelaku seni Dambus dan Rudat membahas teknik tata pentas dan penyajian karya seni yang indah, Jumat (8/3).

Ketua Dewan Kesenian Bangka, Wandasona Alhamd mengatakan, diskusi diperlukan untuk saling tukar pikiran demi kemajuan kesenian tradisional Kabupaten Bangka di tengah persaingan musik moderen.

"Teknik tata pentas dan penyajian karya seni tidak dapat pisahkan untuk memperoleh suatu karya seni yang utuh," kata dia.

BACA JUGA:September Nanti Harmoni Belinyu 2023, Ajang Rawat Budaya dan Legitimasi Otak-otak

BACA JUGA:SMP 2 Sungailiat Kembangkan Kreativitas Siswa Melalui Bazar dan Pentas Seni

Seni Dambus adalah salah satu bentuk kesenian yang unik dari masyarakat pribumi Bangka, sementara Rudat merupakan seni tari tau gerak yang diiringi vokal tabuhan.

Wandasona Alhamd mengatakan, ruang diskusi dari perwakilan masing - masing grup Dambus dan Rudat sengaja di buka dengan suasana santai supaya lebih terbangun keakraban antar pelaku seni.

BACA JUGA:Lestarikan Budaya Leluhur dan Kenalkan Wisata Sunur Lewat Betungkah

BACA JUGA:MABMI Babel Puji Upaya Pemkab Bangka Melestarikan Budaya Melayu

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wiramadonna mengapresiasi ruang diskusi yang diharapkan memberikan manfaat bagi pelaku seni Dambus dan Rudat.

"Diskusi ini selain bertukar pikiran, juga mempersiapkan diri mereka untuk mengikuti lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI 2024," kata Rismy.

Rismy berharap semua pelaku seni yang tergabung dalam DKB dapat terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk memajukan seni tradisional karena diketahui pelaku seni menjadi pendukung pembangunan sektor kepariwisataan.(*)

BACA JUGA:Kampung Adat Gebong Memarong Harus Dilestarikan Sebagai Kekayaan Budaya Daerah

BACA JUGA:Gedung Juang Jadi Rumah Budaya Bangka, Apa Isinya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: