Polres Pangkalpinang Naik Tipe C Jadi Polresta, Dipimpin Perwira Pangkat Kombes

Polres Pangkalpinang Naik Tipe C Jadi Polresta, Dipimpin Perwira Pangkat Kombes

AKBP Dwi Budi Murtiono - Kapolres Pangkalpinang-FOTO: Ilust babelpos.id-

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Polres Pangkalpinang naik status dari tipe D menjadi tipe C (Polresta). Nantinya, Polres Pangkalpinang akan dipimpin perwira menengah berpangkat Komisaris Besar (Kombes) dari sebelumnya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). 

Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono mengatakan, peningkatan tipe tersebut berdasarkan Surat Kapolri Nomor : B/7235/IX/OTL.1.1./2022/SRENA September 2022 dan Keputusan Kapolri Kep/1151/VIII/2022 tanggal 30 Agustus 2022 tentang peningkatan tipe Kepolisian Resor Pangkalpinang menjadi Kepolisian Resor Kota Pangkalpinang Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA: Produk Mitra Binaan PT Timah Tbk Tampil di Expo UMKM G20 di Pulau Belitung

"Alhamdulillah apa yang kita upayakan dan dambakan akhirnya bisa terwujud. Polres Pangkalpinang naik dari tipe D menjadi tipe C atau Polresta," ujar Budi kepada babelpos.id, Kamis (8/9/2022). 

BACA JUGA: Kasus Penimbun BBM Solar Terus Berlangsung, Polres Selidiki Keterlibatan SPBU Kampak

Budi mengakui, persiapan menuju tipe C ini sudah dilaksanakan dua tahun lalu. Dan sejak itu, pihaknya terus berusaha memantapkan persiapan dan persyaratan yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Mantan Kasatpol PP Bangka dan Kabid Ditahan Terkait Korupsi APD

"Pengajuan kenaikan tipe ini sudah sejak masa Kapolres Pangkalpinang Trus Lesmana, selanjutnya kita yang neneruskannya. Dan secara bertahap, semua persyaratan kita lalui dan akhirnya disetujui," kata Budi. 

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem Tidak Menentu, Ini Imbauan BPBD Babar

Diterangkan Budi, pada 2021 lalu, pada dasarnya Polres Pangkalpinang merupakan salah satu polres yang sudah siap untuk naik tipe.

BACA JUGA: Sebelum Tembak Brigadir J, Bharada E ke Toilet & Berdoa

Hanya saja, katanya, saat itu terkendala dengan situasi dan kondisi negara, sehingga hanya beberapa polres saja yang diajukan untuk kenaikan tipe. 

BACA JUGA: Satreskrim Polres Pangkalpinang Terus Buru Orangtua Pembuang Bayi di Semabung Baru

"Sehingga 2021 dimulai lagi untuk persiapan, kita memenuhi apa yang menjadi tuntutan Mabes Polri sampai penyiapan berkas ke Kemenpan RB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: