Kanwil Kemenag Babel Sukses Gelar Lebaran Yatim, Wamenag Ajak Pemda Maksimalkan Potensi Zakat dan Wakaf

Kanwil Kemenag Babel Sukses Gelar Lebaran Yatim, Wamenag Ajak Pemda Maksimalkan Potensi Zakat dan Wakaf

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG -  Meneladani suri tauladan Rosullulah Muhammad Saw, yang sangat mencintai anak yatim, terlebih di tanggal 10 Muharam sekaligus sebagai wujud kepedulian sosial kepada umat, bangsa dan negara. 

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia di bawah kepimpinan  oleh H. Kamarudin Amin berkomitmen melalui seluruh kantor wilayah Kemenag  provinsi/ kabupaten dan kota secara nasional melaksanakan kegiatan Lebaran Yatim secara serentak  yang telah sukses dilaksanakan pada 16 Juli 2024 lalu.

BACA JUGA:Plt. Kanwil Kemenag Babel Optimis Seleksi KFI 2024 Bawa Pesan Keagamaan dan Cinta Bangsa

BACA JUGA:5 Pencuri Dinamo CV MAL Dibekuk

 Plt.Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung melalui Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais),H. Abdul Rohim menyebut bahwa demi meneladi sifat Rosululah Muhammad saw yang memulian anak yatim, maka Kementerian Agama bekerjasama dengan lembaga perbankan, Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat lainnya termasuk melibatkan para ASN untuk ikut menyisihkan sedikit rezekinya untuk berbagi kepada 2 juta anak yatim dan disabilitas di seluruh Indonesia termasuk di Bangka Belitung.

BACA JUGA:Peringati HBA ke-64 dan HUT IAD ke-24, Kajari Bateng Gelar Lomba Cerdas Cermat

Abdul Rohim menyebut Kanwil Kemenag Babel tentunya selalu berupaya mendukung program-program penuh kebermanfaatan semacam ini. Karena ia yakin dengan program kolaboratif inilah sebagai salah satu cara meraih keberkahan bagi umat dan bangsa dan negara ini menjadi lebih baik. Yakni dengan doa-doa mustajab dari anak yatim.  Sebaliknya jika tidak peduli dengan anak yatim, maka dikhawatirkan akan menjadi bagian dari pedusta agama.

Sesuai dengan kemampuan masing-masing, maka semua bisa ikut membantu memenuhi kebutuahn anak yatim dan disabilitas ini, karena mereka juga membutuhkan biaya untuk kebutuhan hidup sehari-hari, biaya sekolah dan sebagainya. Makanya kegiatan yang diisiasi oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama ini terus berkelanjutan dalam memberikan manfaat dan lebih bermakna.

BACA JUGA:Lapas Pangkalpinang Fasilitasi Monev Pelaksanaan KKN Taruna Utama Poltekip Kemenkumham RI

Ia yakin dengan kegiatan lebaran yatim ini akan memberikan sitimulan giroh dan semangat supaya anak -anak yatim dan disabiliitasnya khususnya dapat terbantu. Karena sudah seharusnya Indonesia terbebas dari kemiskinan, sebab Indonesia punya sumberdaya alam kaya dan sumberdaya manusia yang besar.

“Meskipun di tengah lemahnya kondisi ekonomi, tetap kita harus ikhtiar, berusaha membangun semangat anak-anak kita untuk terus belajar membangun mengejar mimpi-mimpi mereka, termasuk melalui program kick off dan zakat wakaf,” tambah Abdul Rohim.

BACA JUGA:Soal Polemik Pembangunan STIAKIN, Kemenag Babel Akan Sosialiasi Lagi di Tiga Kelurahan

BACA JUGA:5 Pencuri Dinamo CV MAL Dibekuk

Sebelumnya, Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wakil Menteri Agama Republik Indonesia, Saiful Rahmat Dasuki juga optimis bahwa kegiatan lebaran yatim semacam ini merupakan satu kegiatan yang berlimpah berkah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan komitmen menuju kesejahteraan masyarakat yang lebih baik melalui pemberdayaan zakat dan wakaf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: