Segini Total Dana Hibah Pilkada 2024 di Bangka Selatan, KPU dan Bawaslu Sudah Cairkan Tahap II

Segini Total Dana Hibah Pilkada 2024 di Bangka Selatan, KPU dan Bawaslu Sudah Cairkan Tahap II

Evi Sastra --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) sudah mencairkan dana hibah ke beberapa lembaga yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Basel, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Basel, Polres dan Kodim.

Untuk KPU Basel sudah mencairkan tahap awal yakni sekitar 40 persen pada 2023 kemarin, sedangkan pada 13 Juni 2024 ini merupakan tahap 2 KPU serta Bawaslu.

Kepala Kesbangpol Basel Evi Sastra mengatakan, total dana hibah di Kabupaten Basel bagi 2 lembaga serta 2 institusi sekitar Rp. 35,13 Miliar.

"Dari total hibah dengan rincian, KPU Rp. 24,85 Miliar, Bawaslu Rp. 6,38 miliar, Polres untuk pengamanan Rp. 2,9 miliar dan Kodim Rp. 1 miliar," sebutnya, Selasa (25/06).

BACA JUGA:Sebanyak 199 Peserta PPK dan PPS se Basel Ikuti Bimtek Pemutakhiran Data Pilkada 2024

BACA JUGA:Memasuki Tahapan Pilkada, Bawaslu Basel Sudah Siap Mengawasi

Dijelaskan Evi, pencairan ini dilakukan secara bertahap dan tidak secara langsung mengingat dengan keuangan Pemkab Basel.

Lalu untuk pencairan dibidang pengamanan saat ini Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah selesai, dan saat ini sedang menunggu usulan pencairan dari pihak Polres serta Kodim.

"Pencairan ini dilakukan secara bertahap mengingat dengan anggaran daerah, serta NPHD untuk pengamanan sudah selesai tinggal menunggu usulan saja dari pihak terkait," tuturnya.

"Sedangkan untuk batas akhir pencairannya pada Agustus, dan dipastikan semuanya sudah dicairkan," imbuhnya. (*)

BACA JUGA:Cara Beda KPU Basel Melantik 159 PPS Pilkada Basel: Bersih-bersih Pantai & Tanam Pohon

BACA JUGA:KPU Basel Rekrut Pegawai PPS dan PPK Pilkada, Ini Syarat dan Tanggalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: