Memasuki Tahapan Pilkada, Bawaslu Basel Sudah Siap Mengawasi

Memasuki Tahapan Pilkada, Bawaslu Basel Sudah Siap Mengawasi

Amri--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menegaskan siaga mengawasi jalannya proses demokrasi tersebut.

Kesiapsiagaan ini dengan selesainya tahapan rekrutmen badan Ad Hoc hingga tahapan coklit yang akan datang.

Ketua Bawaslu Basel Amri menyebutkan, saat ini jajaran Bawaslu Basel terus melakukan pengawasan melekat tahapan Pilkada 2025.

"Dalam pengawasan hingga kini belum ditemukan dugaan pelanggaran pada tahapan awal pilkada 2024," ungkapnya, Rabu (29/05).

BACA JUGA:Kekurangan Susu di Kecamatan Tukak - Sadai, Ini Kata Bawaslu Basel

BACA JUGA:Bawaslu Babel Ikut Turun Penertiban APK di Basel

Guna mempermudah pengawasan pihaknya telah membentuk panitia pengawas kecamatan (Panwascam) sekaligus merekrut panitia pengawas di tingkat kelurahan dan desa (PKD).

Selain itu, pihaknya telah mengoptimalkan seluruh instrumen di Bawaslu, baik dari Sumber Daya Manusia (SDM) maupun logistik yang diperlukan saat pelaksanaan pilkada nantinya.

"Kita sudah merekrut mulai dari Panwascam hingga PKD untuk mempermudah pengawasan di tiap - tiap kecamatan serta Kelurahan atau desa," tuturnya.

Tak hanya itu, badan Ad Hoc tiap kecamatan tak luput dari evaluasi kinerja, mengingat pada Pileg kemarin Kecamatan Tukak - Sadai sampai diadakan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Hal ini perlu menjadi perhatian agar kejadian seperti ini tak terulang pada Pilkada serentak 27 November mendatang.

Bawaslu siap menerima laporan masyarakat terkait segala bentuk dugaan pelanggaran pemilihan. Lewat Gakkumdu masyarakat bisa melaporkan dugaan pelanggaran.

"Kita buat pembentukan Gakkumdu guna menerima laporan dari masyarakat apabila adanya dugaan pelanggaran pada Pilkada ini," ucap Amri.

BACA JUGA:Masih Tak Patuh, Bawaslu Basel Tertibkan Baliho Caleg

BACA JUGA:Tak Kunjung Dibongkar Pemiliknya, Bawaslu Basel Kembali Turun Tangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: