Kades Nibung perjuangkan tambang legal di wilayah Kenari

Kades Nibung perjuangkan tambang legal di wilayah Kenari

--

BABELPOS.ID, KOBA - Kunjungi PT. Timah, Kepala Desa Nibung Bersama Ketua APDESI Bangka Tengah dan BPD Desa Nibung meminta kerja sama pengelolaan wilayah kenari dan sekitarnya dalam Penambangan legal berbasis tambang rakyat, Kamis(20/06).

BACA JUGA:Akhi Dihadirkan di Muka Sidang di Pengadilan Tipikor Pangkalpinang

Kedatangan ke PT. Timah tersebut merupakan tindak lanjut mereka setelah penyampaian surat ke ESDM RI yang beberapa waktu lalu. 

Kedatangan Kepala Desa Nibung dan BPD yang di dampingi Ketua Apdesi tersebut di sambut langsung General Manager PT. Timah, Riyan. 

Kades Nibung Astiar menyampaikan maksud kedatangan pihaknya ke PT. Timah guna mengelola wilayah eks tambang Kobatin kenari agar masyarakat desa Nibung dapat bekerja secara legal tanpa takut adanya razia. 

BACA JUGA:JPU Hadirkan 3 Jaksa Penyidik Kejagung

"Tadi PT. Timah dalam statemennya mengatakan jika mereka menyambut baik usulan kami untuk melibatkan BUMDes dalam pengelolaan tambang di Kenari serta nanti akan kami bentuk dalam kerja sama berbasis tambang rakyat,"ujarnya kepada Babel Pos

Astiar juga menegaskan, jika memang BUMDes diberikan wewenang oleh PT. Timah maka Pemerintah Desa Nibung siap untuk mengelola dan bekerja sama dengan menggunakan BUMDes Nibung atau Koperasi Desa Nibung dalam kerja sama yang legal. 

BACA JUGA:Dinamika Kewenangan Pengelolaan Timah, Baiknya oleh Pusat atau Daerah?

"Kami tentu sudah siap untuk bekerja sama. Dari legalitas hingga usulan ini kami layangkan. Jadi kalau sudah legal pastinya semua akan berdampak baik dan menghilangkan konflik di mayarakat," ungkapnya. 

Astiar berharap, PT. Timah segera mengurus pengelolaan  dan menyurati ESDM RI agar rekomendasi ekplorasi cepat keluar.(Ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: