PLN Lakukan Pemeliharaan Tower Transmisi SUTT 150kV Jalur Pangkalpinang - Koba

PLN Lakukan Pemeliharaan Tower Transmisi SUTT 150kV Jalur Pangkalpinang - Koba

Ilustratrasi : pemeliharaan isolator tower transmisi SUTET dengan cara melakukan pembersihan dan inspeksi fisik isolator sudah ada keretakan atau flash akibat petir atau tidak.--

//Tingkatkan Kehandalan Sistem Listrik Bangka Menjelang Idul Adha 1445H

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dalam rangka menjaga kehandalan pasokan Listrik di Pulau Bangka menjelang Idul Adha 1445H, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Bangka Belitung melalui PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Bangka melakukan pemeliharaan di jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV Pangkalpinang – Koba, Sabtu (1/6/2024). 

Jalur Transmisi ini merupakan jalur utama yang menghubungkan pasokan Listrik dari Kota Pangkalpinang ke wilayah Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Kegiatan pemeliharaan yang dilakukan adalah penggantian isolator tower transmisi di sisi Ground Steel Wire (GSW) dan Optical Ground Wire (OPGW) yang fungsinya kurang optimal akibat sambaran petir yang menyerang tower transmisi.

BACA JUGA:Maling Apes, Setengah Mati Dihajar Warga Kulan Kampak, Motor Dibakar

BACA JUGA:Atasi Stunting dan Kemiskinan, Pemprov Babel Hadirkan Rampak Gemintang di Pulau Belitung

Manager PLN ULTG Bangka, Ebtian Apriantoro, Bersama Team Leader Pemeliharaan Jaringan ULTG Bangka, Bobb Jafenson DJ, menyampaikan bahwa jika pekerjaan pemeliharaan penggantian isolator harus segera dilakukan dengan cepat dan tepat dikarenakan isolator merupakan komponen penting dalam menjaga kehandalan sistem transmisi kelistrikan.

“Sesuai dengan data dari BMKG menunjukkan bahwa selama bulan April 2024, Pulau Bangka mengalami peningkatan aktivitas petir yang signifikan. Penyebab utama tingginya intensitas petir di Pulau Bangka adalah kondisi cuaca yang sering berawan dan berpotensi hujan, terutama pada musim peralihan dan musim hujan," ujar Ebtian. 

BACA JUGA:Maling Apes, Setengah Mati Dihajar Warga Kulan Kampak, Motor Dibakar

BACA JUGA:Pj Gubernur Safrizal Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Belitung

Ia juga menyampaikan bahwa 90 persen gangguan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 KV yang terjadi di Bangka disebabkan oleh gangguan petir yang menyebabkan isolator rusak. Oleh karena itu, pihaknya segera melakukan penggantian (isolator) paska mendapatkan laporan adanya anomali dari petugas inspeksi di lapangan. 

“Mengetahui terjadi annomali pada operasi tower SUTT 150kV jalur Pangkalpinang-Koba, kami gerak cepat menelusuri annomali tersebut. Setelah didapatkan Tim PLN ULTG Bangka segera melakukan penggantian untuk menjaga keandalan suplay listrik dari Pangkalpinang ke wilayah Bangka Tengah dan Bangka Selatan  tidak terganggu, apalagi saat ini sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari raya Idul Adha 1445H," tambah Ebtian.

BACA JUGA:Maling Apes, Setengah Mati Dihajar Warga Kulan Kampak, Motor Dibakar

BACA JUGA:Redaksi Project, Inisiasi 3 Pemudi Toboali Membumikan Literasi

Sementara Manager PLN UPK Babel, Wayan Budi Laksana saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan pemeliharaan tersebut dan menyampaikan bahwa pekerjaan dilakukan di Tower Transmisi Jalur Pangkalpinang-Koba sebanyak 5 Tower, yaitu Tower nomor 75, 77, 116, 117, dan 118 dan dilakukan tanpa padam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: