Redaksi Project, Inisiasi 3 Pemudi Toboali Membumikan Literasi

Redaksi Project, Inisiasi 3 Pemudi Toboali Membumikan Literasi

--

BABELPOS.ID, TOBOALI - Rumah Belajar Abu Biru bersama Bimbel Kamatikara menggelar kegiatan lapak baca buku dan mewarnai gratis untuk umum, bertajuk "Redaksi Project" pada Sabtu (1/6/2024). 

Diketahui, kegiatan ini rutin digelar, selama 2 hari setiap bulan dan sudah berlangsung sejak April 2024 di lokasi yang sama, tepatnya di Kulong Air Bakung Toboali. 

BACA JUGA:Dihantam Ombak, Kapal Nelayan Mentok Tenggelam di Laut Basel, 3 ABK Dikabarkan Hilang

BACA JUGA:Atasi Stunting dan Kemiskinan, Pemprov Babel Hadirkan Rampak Gemintang di Pulau Belitung

Redaksi project sendiri adalah kepanjangan dari "Bergerak dengan Aksi". Dimana kegiatan ini dimaksudkan sebagai aksi sosial dengan tujuan untuk membumikan literasi pada masyarakat sekitar, di tengah rendahnya minat literasi pada masyarakat kini.

Kegiatan yang diinisiasi oleh tiga pemudi asal Toboali yakni Lisa Aryanti, Mely Handiati dan Rizky Nurseha ini mendapatkan antusias dari para pengunjung terutama anak-anak.

BACA JUGA:Dihantam Ombak, Kapal Nelayan Mentok Tenggelam di Laut Basel, 3 ABK Dikabarkan Hilang

"Iya salah satu tujuan kita memang untuk menarik minat anak-anak, karena background kita juga dari pengajar rumbel dan bimbel, jadi inisiasi ini juga berasal dari kegelisahan terhadap minimnya minat dan pemahaman literasi anak-anak di sekitar," ujar Mely salah satu anggota Tim Redaksi Project.

Dikatakan Mely, fasilitas yang pihaknya sediakan berasal dari milik pribadi masing-masing, seperti berbagai macam buku. 

BACA JUGA:Atasi Stunting dan Kemiskinan, Pemprov Babel Hadirkan Rampak Gemintang di Pulau Belitung

"Kami juga membuka open donasi bagi teman-teman yang ingin menyumbangkan buku ataupun barang-barang yang berguna untuk operasional kegiatan. Serta kami mulai merekrut  teman-teman yang bersedia menjadi relawan dan semangat berkontribusi dalam kebaikan dan kebermanfaatan pada Redaksi project  ini," tuturnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Safrizal Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Belitung

Kata Mely, pihaknya juga melakukan beragam upaya dari redaksi project untuk menarik minat pengunjung khusus anak-anak, diantaranya menyediakan fasilitas mewarnai gratis, challenge membaca dan reward bagi yang menyelesaikannya sehingga anak-anak lebih semangat untuk membaca buku.

"Kegiatannya bermanfaat sekali, awalnya saya cuman ngajak ponakan untuk mewarnai, akhirnya malah saya jadi asyik baca buku, lumayan bisa jadi refreshing karena tempat nya juga nyaman untuk bersantai sore-sore gini," ungkap Risna salah satu pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: