Kasus DBD Meningkat, Ternyata 90 Persen Rumah di Kelurahan Teladan Banyak Jentik Nyamuk

Kasus DBD Meningkat, Ternyata 90 Persen Rumah di Kelurahan Teladan Banyak Jentik Nyamuk

Pemeriksaan jentik nyamuk di rumah warga Teladan Toboali. --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Upaya cepat dilakukan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) merespon meningkatnya kasus Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Toboali.

Diketahui, terhitung mulai dari Januari hingga Mei 2024, sudah ada 3 pasien yang meninggal dunia dan dengan jumlah 80 pasien dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Kepala DKPPKB dr. Agus Pranawa mengungkapkan, pihaknya bersama Lurah Teladan dan para RT/RW melakukan sidak di ratusan rumah warga.

"Dalam sidak ini sekitar 200 an rumah ternyata hampir 90 persennya banyak didapati jentik nyamuk di sekitar rumah," ungkapnya, Jum'at (17/05).

BACA JUGA:Kasus DBD di Basel Meningkat, Ini Himbauan RSUD Kepada Masyarakat

BACA JUGA:Ada Peningkatan Pasien DBD di RSUD Basel, Mayoritas Anak-anak

Saat sidak pihaknya menemukan banyaknya genangan air yang didiami ribuan jentik nyamuk, baik dari sampah plastik bekas minuman, bak penampungan di luar rumah maupun kolam ikan.

Bahkan di dalam rumah juga ditemukan jentik nyamuk di beberapa alat elektronik seperti penampungan di belakang kulkas, serta penampungan air pada dispenser.

"Sidak ini bukan hanya di luar sekitaran rumah, tetapi pengecekan di dalam rumah juga tak luput dari pengecekan, dan ditemukan beberapa di alat elektronik adanya jentik nyamuk," tuturnya.

BACA JUGA:HAKLI Bangka Terus Berupaya Tekan DBD di Kabupaten Bangka, Abate Dibagikan Gratis ke Warga

BACA JUGA:Kasus DBD Sebabkan Dua Anak MD, HAKLI Turun Tangan ke Sekolah

Temuan jentik nyamuk yang hampir 90 persen di sekitar rumah warga ini membuktikan masih kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya DBD.

Ditegaskannya, fogging saja tidak efektif untuk mencegah DBD, sebab foging hanya membunuh nyamuk dewasa saja, tidak dengan jentiknya. Selain itu apabila terlalu sering foging maka nyamuk menjadi kebal juga.

"Foging itu tidak bisa membunuh jentik nyamuk, tetapi hanya nyamuk dewasa saja, terlalu sering foging juga bisa meningkatkan imun pada nyamuk tersebut," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: