Ada Peningkatan Pasien DBD di RSUD Basel, Mayoritas Anak-anak

Ada Peningkatan Pasien DBD di RSUD Basel, Mayoritas Anak-anak

dr. Helen Sukendy--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) meningkat. Bahkan pada malam tadi Selasa (14/05) terdapat empat pasien anak - anak terindikasi DBD.

Menurut Direktur RSUD Basel dr. Helen Sukendy, sejak Januari hingga sekarang terdapat tiga pasien yang meninggal dunia karena DBD.

"Terhitung dari dari Januari hingga Mei 2024 terdapat lonjakan pasien dan terhitung sekitar 80 pasien didominasi oleh anak - anak," ujarnya.

BACA JUGA:Cegah DBD, Bupati dan Forkopimda Basel Lakukan Ini di Kampung Nelayan

BACA JUGA:Waspada! Sudah 4 Warga Teladan AMD Kena DBD

Lonjakan pasien ini terjadi setiap bulan yang rata-rata sebulan mencapai 10 pasien. Dari 80 pasien kasus DBD itu, terdapat 41 laki - laki dan 39 perempuan, yang mayoritas anak - anak.

Rinciannya, Januari terdapat 19 pasien DBD, lalu pada Februari terjadi lonjakan tajam sebanyak 15 kasus dengan 34 orang dalam perawatan, sedangkan pada Maret 20 kasus dan 14 orang dalam perawatan.

"Sempat terjadi penurunan kasus DBD di bulan April yakni terdapat 13 orang yang menjalani perawatan," sebutnya.

BACA JUGA:HAKLI Bangka Terus Berupaya Tekan DBD di Kabupaten Bangka, Abate Dibagikan Gratis ke Warga

BACA JUGA:Kasus DBD Sebabkan Dua Anak MD, HAKLI Turun Tangan ke Sekolah

Dijelaskannya, faktor penyebab pasien DBD meninggal dunia bukan hanya faktor alam atau perubahan cuaca, tetapi keterlambatan pasien dalam penanganan menjadi salah satu penyebab. 

"Keterlambatan ini karena masyarakat terkadang menunda - nunda apabila ada pasien yang mengalami demam terutama anak - anak dengan tidak langsung membawanya ke rumah sakit, tetapi selalu beralasan nanti kalau ada indikasi DBD baru cepat - cepat ke rumah sakit, faktor ini juga yang memicu kematian karena lambannya masyarakat menyadari fase pada DBD," jelasnya.

"Pasien ini apabila terpapar DBD biasanya terdapat 3 fase yakni, fase demam, fase kritis dan fase penyembuhan, dengan memahami fase ini diharapkan kedepannya bisa masyarakat bisa segera bertindak apabila ada anggota keluarganya terindikasi terkena DBD," tandasnya.(*)

BACA JUGA:Waspada! Sudah 4 Warga Teladan AMD Kena DBD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ada peningkatan pasien dbd di rsud basel