Pemkab Basel Terus Geliatkan Perekonomian, Pembangunan Alun - Alun Hingga Pemberdayaan UMKM

Pemkab Basel Terus Geliatkan Perekonomian, Pembangunan Alun - Alun Hingga Pemberdayaan UMKM

Riza Herdavid --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat dengan berbagai strategi dan program. Salah satunya adalah memanfaatkan pendestrian serta kawasan wisata dengan menaruh para penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan harapan perputaran ekonomi bisa meningkat.

Bupati Basel Riza Herdavid mengungkapkan, Pemkab Basel terus melakukan upaya menggeliatkan ekonomi masyarakat di berbagai lini, yaitu dengan memberikan bantuan masyarakat dan penggiat UMKM.

"Kita terus mengeluarkan ekonomi, mulai dari bantuan masyarakat, penggiat UMKM, penyelenggaraan event serta yang terbaru nantinya pembangunan alun - alun kota Toboali," ujarnya, Selasa (09/04).

BACA JUGA:Babinsa Lepar Bertemu Dengan Penggiat UMKM Lokal, Ini Harapan Mereka

BACA JUGA:Hadiri Perata Kwarran Airgegas, Ketua Kwarcab Basel Puji UMKM yang Terlibat

Pemkab Basel juga berkomitmen akan membangun alun-alun di Kota Toboali yang dilengkapi dengan wahana permainan. Ini diharapkan bisa meningkatkan PAD dan menarik wisatawan dari luar daerah.

Perubahan tata wajah kota dinilainya sangat strategis, mengingat Toboali sering disebut "kota belum sampai desa sudah lewat". 

"Kota Toboali harus berbeda dari kota - kota di Provinsi Babel, karena dengan terobosan serta SDM yang kita punya, semua hal mungkin bisa dilakukan selama di dukung dengan finansial yang mumpuni," jelasnya.

BACA JUGA:Pecahhh! Malam Penutupan UMKM Fair 2023 Disemuti Ribuan Penonton

BACA JUGA:200 UMKM Gelar Beragam Dagangan di Sport Center Basel

Diketahui, sudah beberapa tahun terakhir penataan wajah kota digalakkan mulai dari Himpang Lime, Tugu Adipura, Kulong Bakung, Himpang Nanas, Gerbang Udang Kota Toboali, Penataan Areal Perkantoran, Pedestrian Jalan Sudirman.

Hampir setiap kali Musrenbang kelurahan, kecamatan dan kabupaten, aspirasi ini terus disampaikan dengan regulasi pemanfaatan kawasan juga sudah lama ditetapkan.

"Ini semua bertujuan agar Toboali segera memiliki taman kota yang representatif yang sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat, semacam taman alun alun kota," ucap Bupati.

Lebih lanjut, dengan adanya tata kota yang baik serta pendestrian yang berdaya tarik wisatawan, pemberdayaan penggiat UMKM akan lebih tertata rapi dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: