Kemenag Salurkan Bantuan Program Kolaborasi Festival Ramadan di Masjid Baitul Islam Temberan

Kemenag Salurkan Bantuan Program Kolaborasi Festival Ramadan di Masjid Baitul Islam Temberan

Penyerahan bantuan kepada pengurus masjid Temberan.--Foto: ist

BABELPOS.ID, MERAWANG - Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka melaksanakan rangkaian kegiatan Kolaborasi Festival Ramadan 1445H/2024M, di Masjid Baitul Islam Dusun Temberan Desa Air Annyir Kecamatan Merawang, Selasa,(26/03/2024).

Acara ini dilaksanakan berdasarkan surat dan instruksi Direktur Bimbangan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI. Program telah dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Agama, H.Syaiful Rahmat Dasuki dan dilaksanakan mulai 22 Maret 2024 lalu di berbagai daerah di Indonesia termasuk Bangka Belitung.

Kabid Bimas Islam Kanwil Kementerian Agama Babel, H.Abdul Rohim didampingi Kepala Kemenag Kabupaten Bangka, H. Senaidi, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan silaturahmi ukhwah islamiyah sekaligus berbagi kepada para kaum dhuafa dan yatim yang membutuhkan.

BACA JUGA:Kemenag se-Babel dan Tim Kolaborasi Festival Ramadan 1445 H Salurkan 4500 Paket Sembako

BACA JUGA:Sore Ini Kemenag se-Babel Salurkan Ribuan Paket Sembako di Program Kolaborasi Festival Ramadan 1445H

Abdul Rohim menyebut kementerian agama memberikan fungsi dalam bidang keagamaan maupun fungsi pendidikan. Dalam fungsi agama, Kemenag memberikan pengayoman kepada seluruh umat beragama yang ada di Indonesia, melayani untuk perjalanan ibadah haji dan umroh, menjalakan fungsi kantor urusan agama termasuk mengenai pencatatan nikah hingga mengurus dan mendorong fungsi masjid menjadi ramah lansia, ramah anak, ramah disabilitas dan ramah musafir.

"Makanya kami datang ke Masjid Baitul Islam ini untuk bersilaturahmi dan menyerahkan 20 paket sembako bagi kaum dhuafa, 20 eksemplar al-qur'an, 3 kursi duduk untuk sholat serta sajadah," sebut Mantan Kepala Kemenag Kota Pangkalpinang ini.

BACA JUGA:BPJPH dan Satgas Halal Kanwil Kemenag Babel Bersinergi Di Kampanye WHO 2024

BACA JUGA:Plt. Kanwil Kemenag Babel Ajak Tingkatkan Taqwa di Bulan Mulia dan Jaga Harmonisasi Antar Umat Beragama

Ia menambahkan bahwa kementerian agama juga memiliki fungsi pendidikan dalam mengurus madrasah hingga pesantren.

"Di Ramadan 1445H ini untuk di Bangka Belitung sudah ada ribuan paket sembako yang kita salurkan ke para mustahik (berhak menerima). Ini sekaligus untuk mengajak kepada seluruh kaum muslim untuk memafaatkan bulan suci Ramadan ini secara maksimal dengan memperbanyak amal ibadah dan ketaqwaan kepada Allah Swt, sehingga nanti akan meraih kemenangan, kembali suci bersih di hari raya idul fitri," ujarnya.

BACA JUGA:Kejati Babel Gandeng Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Dalam Program Jaksa Masuk Madrasah

BACA JUGA:Di Rakerwil Kemenag Babel, Stafsus Menag RI Ajak Tuntaskan 6 Komitmen Kemenag

Rangkaian acara ini dilakukan dengan penyerahan paket santunan secara simbolis, ramah tamah, kultum, berbuka puasa bersama dan sholat magrib berjamaah bersama perangkat pemerintah Desa Air Annyir, tokoh agama dan tokoh masyarakat Dusun Temberan Air Anyir. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: