Plt. Kanwil Kemenag Babel Ajak Tingkatkan Taqwa di Bulan Mulia dan Jaga Harmonisasi Antar Umat Beragama

Plt. Kanwil Kemenag Babel Ajak Tingkatkan Taqwa di Bulan Mulia dan Jaga Harmonisasi Antar Umat Beragama

Pemantauan Rukyatul Hilal di Penagan.--Foto: ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pelaksanaan pemantauan rukyatul hilal penentuan awal Ramadan 1445H/2024 untuk di wilayah Provinsi Bangka Belitung sukses dilaksanakan di 3 titik yakni di Pantai Tanjung Raya Penagan, Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat dan Tanjung Pendam Belitung.

Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kep. Bangka Belitung H.Firmantasi, S.Ag. MH membuka secara langsung kegiatan ini di Pantai Tanjung Raya Desa Penagan Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka, Minggu, (10/03/2024) sore. 

Firmantasi menyebut bahwa kegjatan ini pemantauan rukyatul hilal penentuan awal Ramadan 1445H/ 2024M dilaksanakan di 134 titik di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus dalam rangka memberikan informasi awal puasa ramadan.

"Ini adalah kegiatan untuk melihat salah satu tanda kebesaran Allah SWT oleh karena itu jika dalam penetapan penentuan awal Ramadan ini terdapat perbedaan, maka jangan mudah membuat kesimpulan-kesimpulan yang bisa membuat gaduh dan sebagainya.

"Mudah-mudahan perbedaan yang ada tetap mendekatkan kita kepada Allah SWT karena semua memang harus disikapi dengan dewasa, dan dengan perbedaan ini kita tetap harus semangat berfastabiqul khoirot," ajaknya.

BACA JUGA:Satgas Halal Kanwil Kemenag Babel Ajak Dukung Suksesnya Program Wajib Halal Oktober 2024

BACA JUGA:Kejati Babel Gandeng Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Dalam Program Jaksa Masuk Madrasah

Firmantasi juga mengajak kepada seluruh umat beragama untuk tetap menjaga kondisi tetap dingin dan harmonis, saling menyatukan terlebih setelah pasca pemilu 2024.

"Mari manfaatkan bulan suci Ramadan ini untuk meningkatkan taqwa kepada Allah Swt, agar nanti di akhir ramadan akan kembali dengan jiwa-jiwa yang fitri atau suci," ajaknya.

Sebelumnya, Dewan Pakar Hisab Rukyat Provinsi Bangka Belitung, Dr. Akhmad Fadoli juga menyebut bahwa berdasarkan hasil pengamatan hisab rukyat yang dilakukan, termasuk di Pantai Tanjung Raya Penagan Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka, kondisi hilal memang belum memungkinkan untuk terlihat, sebab dilihat dari ijtimanya dari pukul 16.00- 18.11wib umur hilal baru 2 jam dengan ketinggian hilal masih di bawah 1 derajat, sehingga jaraknya pun sangat tipis. Sehingga belum memenuhi kreteria.

"Dan di Pantai Tanjung Raya Penagan ini kondisinya juga tertutup awal tebal, makanya insha Allah keputusan awal 1 Ramadan oleh pemerintah jatuh pada hari Selasa, 11 Maret 2024," ujarnya. 

BACA JUGA:Rakerwil Kemenag Babel Hasilkan 6 Rencana Strategis

BACA JUGA:Satgas Halal Kemenag Babel Ajak Kepala Madrasah Urus Sertifikasi Halal Kantin Sekolah

Kendati terjadi perbedaan penetapan 1 Ramadan 1445 H antara pemerintah termasuk dengan ormas Muhammadiyah, namun Fadoli menyebut kemungkinan untuk penetapan 1 syawal 1445H/2024M akan aman alias jatuh pada hari yang sama. Namun sekali lagi perbedaan ini jangan sampai jadi persoalan, sebab terlepas mau siapa duluan yang puasanya, namun yang pasti nilai ibadahnya sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: