Kemenag se-Babel dan Tim Kolaborasi Festival Ramadan 1445 H Salurkan 4500 Paket Sembako

Kemenag se-Babel dan Tim Kolaborasi Festival Ramadan 1445 H Salurkan 4500 Paket Sembako

PJ Kepala Kemenag Babel menyerahkan sembako Festival Ramadan --Foto: ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Program Kolaborasi Festival Ramadan 1445H/2024M dan Pemecahan Rekor MURI Pembagian 1 Juta Paket Sembako yang juga dikemas dengan Ramadan Asyik Bersama Gusmen berlangsung sukses di seluruh Indonesia, termasuk di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kabupaten dan Kota se- Bangka Belitung, Jumat (22/03/2024) kemarin.

Wakil Menteri Agama, H. Saiful Rahmat Dasuki membuka secara resmi kegiatan ini melalui siaran zoom. Dalam arahannya, Wamenag menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kemenag di seluruh Indonesia yang telah berhasil melaksanakan event besar ini di tengah padatnya aktivitas bulan suci Ramadan 1445. Wamenag juga mengaku bangga karena kegiatan ini tepat dilaksanakan di bulan suci ramadan yang merupakan bulan mulia untuk menentukan ketaqwaan seorang hamba kepada Allah Swt.

Menurut Wamenag optimis bahwa dari event kolaborasi festival ramadan ini akan mampu memberikan manfaat, antara lain menguatkan nilai ukwah Islamiyah khususnya antara para insan di lingkungan kantor kemenag maupun dengan masyarakat dan umat yang ada sekitarnya, meningkatkan kesejahteraan umat islam melalui penguatan peran zakat.

Dengan konsolidasi, kolaborasi kementerian agama bersama Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ), termasuk lembaga perbankan dan stakeholder lainnya ini, akan meningkatkan kualitas dalam pengelolaan zakat semakin akuntabel dan professional. Kemenag juga terus mendorong agar tata kelola zakat di Indonesia semakin lebih baik, sehingga mendatangkan manfaat bagi umat dan menuju percepatan Indonesia emas 2045. 

“Saya bahagia karena kegiatan ini telah melibatkan kolaborasi dengan semua stakeholder dalam menguatkan akselerasi penghimpunan dan pendistribusian zakat agar benar-benar sampai kepada masyarakat yang memang berhak menerimanya,” sebut Wamenag.

BACA JUGA:Kemenag se-Babel dan Tim Kolaborasi Festival Ramadan 1445 H Salurkan 4500 Paket Sembako

BACA JUGA:Sore Ini Kemenag se-Babel Salurkan Ribuan Paket Sembako di Program Kolaborasi Festival Ramadan 1445H

Ia juga menekankan pentingnya tata kelola zakat yang harus berjalan secara lebih maksimal dan professional serta tetap harus dikawal secara bersama-sama demi percepatan pembangunan nasional.

Sementara itu, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung, H. Firmantasi juga menyebut Program Kolaborasi Festival Ramadan 1445H/2024M ini merupakan sebuah sejarah dan terobosan baru yang berhasil dilaksanakan dengan strategi kolaborasi dan konsilidasi antara Kementerian agama dengan Baznas dan Lembaga Amil Zakat yang ada di seluruh Indonesia dalam rangka meningkatkan kepatuhan kepada Allah Swt. 

Firmantasi menilai bahwa event ini juga menjadi salah satu pelajaran bagi semua umat muslim terhadap pentingnya menumbuhkan rasa malu dan menjauhkan diri dari segala bentuk kesombongan dan ego yang akan membuat hati semakin sulit untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

BACA JUGA:BPJPH dan Satgas Halal Kanwil Kemenag Babel Bersinergi Di Kampanye WHO 2024

BACA JUGA:Plt. Kanwil Kemenag Babel Ajak Tingkatkan Taqwa di Bulan Mulia dan Jaga Harmonisasi Antar Umat Beragama

Ini merupakan langkah keren dari kolaborasi Kemenag dengan Baznas, Laz dan stakeholder lainnya, sehingga berhasil mengumpulkan jutaan paket sembako yang akan disalurkan bagi para mustahik yang berhak menerimanya di seluruh Indonesia.

Termasuk dari hasil kolaborasi kemenag provinsi, kabupaten dan kota se-Babel dengan Baznas, LazisNu, LazisMu, Yakesma, Laz perbankan dan stakeholder lainnya yang mampu menghimpun dan menyalurkan lebih kurang 4500 paket sembako. Yakni melalui kantor kemenag 7 kabupaten/kota dengan masing-masing 500 paket dan di kanwil kemenag Babel sebanyak 1000 paket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: