Pleno Rekapitulasi Suara di Pongok Selesai Lebih Cepat

Pleno Rekapitulasi Suara di Pongok Selesai Lebih Cepat

Pengiriman kotak suara dari Lepar Pongok ke KPU Basel. --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Rapat Pleno perhitungan surat suara (Susu) di Kecamatan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) selesai lebih cepat.

Diketahui, Kecamatan Pongok merupakan wilayah kepulauan terluar dan paling jauh di Kabupaten Basel, dengan jarak tempuh hampir kurang lebih 3 jam.

Kapolsek Lepar Pongok IPDA Ali Akbar mengatakan, bahwa Kecamatan Pongok menyelesaikan rekapitulasi susu lebih cepat dari daerah lainnya yakni pada Sabtu (17/02) sekitar pukul 03.30 wib dini hari.

"Selanjutnya susu tersebut diberangkatkan dengan kapal menuju ke pelabuhan Penutuk Kecamatan Lepar sekira pukul 10.30 wib dan sampai di Penutuk pukul 13.30.wib," ungkapnya, Minggu (18/02).

BACA JUGA:Kekurangan Susu di Kecamatan Tukak - Sadai, Ini Kata Bawaslu Basel

BACA JUGA:Surat Suara di Basel Kurang, Muhidin Tegaskan Hak Masyarakat Tidak akan Hilang

Pada proses pengiriman ini, pihak KPU langsung dikawal oleh satuan personel laut, baik dari Sat Polairud maupun TNI AL serta beberapa Sat Pol PP.

Lalu pada pukul 14.45 wib susu tersebut dikirimkan menuju kantor KPU Basel melalui pelabuhan Sadai dan sampai pukul 15. 20. Setelah itu langsung dikawal oleh tim Satgas OMB 2024 Polres Basel ke kantor KPU.

"Dari segi karakter geografis tentunya ppelaksanaan pengaman harus memperhatikan secara ekstra mengingat keberadaan TPS berada kepulauan paling jauh, kondisi ini tidak terlepas dari faktor cuaca seperti, hujan, angin, gelombang tinggi bahkan badai yang harus di antisipasi serta di waspadai," sebutnya.

BACA JUGA:Banyak TPS di Basel Kekurangan Surat Suara, Ini Penjelasan Ketua KPU

BACA JUGA:Kapolres Bersama Forkopimda Pantau Langsung Sejumlah TPS di Toboali

Selain itu, pada proses pencoblosan ada 14 Februari kemarin, situasi juga kondusif bahkan pada saat proses pengiriman.

"Kapolres Basel juga menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas pertisipasi masyarakat, serta para petugas baik di tingkat KPPS, PPS, PPK dan seluruh stakeholder yang ada, kami ucapkan terima kasih," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Alasan Ini, 1.494 Susu Dibakar KPU Basel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: