STISIPOL Pahlawan 12 Kampus Pelopor Pemilu Penjaga Demokrasi

STISIPOL Pahlawan 12 Kampus Pelopor Pemilu Penjaga Demokrasi

Bambang Ari Satria --(ist)

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemilu 2024 tinggal 34 hari lagi. Berbagai agenda dan tahapan pemilu sudah dilaksanakan. Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 juga turut ambil peran.

Keikutsertaan STISIPOL Pahlawan 12 dalam agenda pemilu untuk menjaga demokrasi agar tetap sehat melalui Program Forum Pemilu 2024. Berbagai agenda yang dilakukan dalam program tersebut mulai dari seminar nasional, diskusi publik, riset kepemiluan, dialog, pengawasan partisipatif hingga menerjunkan mahasiswa menjadi aktor penyelenggara pada level TPS baik menjadi KPPS maupun menjadi pengawas TPS.

Dr. Darol Arkum, Ketua STISIPOL Pahlawan 12 mengatakan Forum Pemilu 2024 merupakan inisiatif praktik yang memuat berbagai agenda yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan personalitas  dan kelembagaan dalam pentas demokrasi 2024. Program ini diarahkan untuk mewujudkan pembangunan demokrasi Indonesia yang cerdas dan berkualitas.

Darol menambahkan, pemangku kepentingan yang sudah terlibat dalam Forum Pemilu 2024 adalah BPIP, KPU Kabupaten Bangka, KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Bawaslu.

BACA JUGA:Stisipol Pahlawan 12 Gelar Seminar Nasional Agenda Pembangunan Berkelanjutan

BACA JUGA:Wakil Ketua III STISIPOL P12 Sampaikan Materi Tata Kelola Kelembagaan Kemahasiswaan Dalam LKMM

Sementara itu, Bambang Ari Satria Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama untuk menjaga demokrasi agar tetap berjalan sesuai koridor, kampus menugaskan mahasiswa untuk terlibat aktif dalam Pemilu 2024.

"Hasil identifikasi yang kami lakukan, ada 45 mahasiswa yang menjadi KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), 39 Mahasiswa menjadi pengawas partisipatif, 6 mahasiswa menjadi saksi TPS dan 3 mahasiswa menjadi pengawas TPS. Tentu, data ini akan terus bertambah karena proses identifikasi belum selesai," ungkapnya.

BACA JUGA:Diikuti 198 Pemakalah, Dosen STISIPOL P12 Paparkan Stunting Dalam Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat

BACA JUGA:Dosen STISIPOL Pahlawan 12 Jadikan Desa Kemuja Role Model Pendidikan Desa Berkualitas

Untuk pengawasan partisipatif akan dilaksanakan di Kecamatan Sungailiat pada 12 Kelurahan 1 Desa dengan jangkauan 260 TPS. Oleh karena itu, yang dilakukan oleh STISIPOL Pahlawan 12 adalah bentuk kampus pelopor pemilu penjaga demokrasi. (*)

BACA JUGA:STISIPOL Pahlawan 12 Wujudkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: