STISIPOL Pahlawan 12 Wujudkan "Satu Dosen Satu Desa Binaan"

STISIPOL Pahlawan 12 Wujudkan

Para Dosen Stisipol P12 --Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - STISIPOL Pahlawan 12, sebuah institusi pendidikan tinggi dikenal dengan dedikasinya terhadap keterlibatan dalam masyarakat, mengumumkan peluncuran program unik dan inovatif "Satu Dosen, Satu Desa Binaan" sebagai langkah nyata dalam mewujudkan konsep Universitas Berbasis Masyarakat (University Based Community). Program ini bertujuan untuk menciptakan hubungan kolaboratif yang berkelanjutan antara institusi pendidikan tinggi dan komunitas lokal sebagai bentuk komitmen dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan yang berarti.

Program "Satu Dosen, Satu Desa Binaan" yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 didesain untuk menggabungkan pengetahuan akademis para dosen STISIPOL Pahlawan 12 dengan tantangan nyata yang dihadapi oleh komunitas. Setiap dosen akan ditempatkan di sebuah desa binaan, dengan tujuan utama untuk memanfaatkan sumber daya universitas guna meningkatkan kualitas hidup dan memberdayakan wilayah, sambil memupuk lingkungan pembelajaran dan kerja sama yang saling menguntungkan.

Dr. Darol Arkum mengemukakan program ini mengatasi kesenjangan antara teori dan praktik dengan memberikan dosen kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam situasi dunia nyata, mengatasi kebutuhan komunitas melalui penelitian, pengembangan, dan pemecahan masalah.

"Satu Dosen, Satu Desa Binaan" bertujuan untuk memberdayakan desa-desa binaan dengan membantu mereka mengidentifikasi kelebihan dan peluang unik mereka, memberikan bimbingan, dan bekerja sama untuk pertumbuhan dan kemakmuran yang berkelanjutan," ujarnya.

BACA JUGA:STISIPOL P 12 Identitaskan Diri Sebagai Community-Based University

BACA JUGA:Kepala LPPM Stisipol P12: Perbaikan Lahan Eks Tambang Efektif Menurunkan Kemiskinan

Dijelaskannya, program ini akan memusatkan perhatian pada tujuan pengembangan berkelanjutan, mencakup aspek lingkungan, ekonomi, sosial, dan budaya untuk menciptakan dampak holistik pada desa-desa binaan. Kemudian mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 akan terlibat aktif dalam proyek-proyek ini, sehingga mereka dapat memperoleh pengalaman praktis sambil berkontribusi pada pengembangan komunitas binaan.

"Adapun platform pertukaran pengetahuan dan keahlian antara dosen, mahasiswa, dan komunitas binaan, menciptakan lingkungan pembelajaran timbal balik. “ ungkap Darol

"Program "Satu Dosen, Satu Desa Binaan" STISIPOL Pahlawan 12 mencerminkan komitmen lembaga ini terhadap tanggung jawab sosial dan prinsip-prinsip inti Universitas Berbasis Masyarakat. Dengan menciptakan hubungan yang berkelanjutan antara dunia akademik dan masyarakat, universitas bertujuan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi mahasiswa dan komunitas di sekitarnya," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: