Stisipol Pahlawan 12 Gelar Seminar Nasional Agenda Pembangunan Berkelanjutan

Stisipol Pahlawan 12 Gelar Seminar Nasional Agenda Pembangunan Berkelanjutan

Seminar Nasional Pembangunan Berkelanjutan yang digelar STISIPOL Pahlawan 12 Bangka.--(Yudi)

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Dalam upaya menggalang pemahaman dan sinergi lintas sektoral mengenai Pembangunan Berkelanjutan, STISIPOL Pahlawan 12 mengadakan Seminar Nasional & Researchers Day dengan tema "Satu Dunia Tujuan Bersama: Collaborative Action Riset, Inovasi, dan Aksi untuk Agenda Pembangunan Berkelanjutan" pada hari Kamis, 21 Desember 2023 di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai stakeholder, termasuk akademisi, kepala desa, dan perwakilan instansi pemerintahan.

Ketua STISIPOL Pahlawan 12, Darol Arkum mengatakan, dalam konteks dinamika global dan tantangan pembangunan yang semakin kompleks, Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi katalis penting bagi 193 negara anggota PBB. STISIPOL Pahlawan 12, dengan visinya, mengidentifikasi perlunya platform penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai modal utama dalam mengakselerasi pencapaian SDGs di Kabupaten Bangka.

"Tujuan Kegiatan seminar ini adalah menyajikan analisis mendalam mengenai strategi dan implementasi Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Bangka, menyampaikan temuan penelitian serta inovasi dari dosen STISIPOL Pahlawan 12 yang relevan dengan Pembangunan berkelanjutan," jelasnya.

BACA JUGA:Wakil Ketua III STISIPOL P12 Sampaikan Materi Tata Kelola Kelembagaan Kemahasiswaan Dalam LKMM

BACA JUGA:Diikuti 198 Pemakalah, Dosen STISIPOL P12 Paparkan Stunting Dalam Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat

Darol juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berkontribusi aktif dalam mendorong kesadaran dan implementasi Pembangunan Berkelanjutan.

Melalui pendekatan seminar ilmiah, kegiatan ini berhasil mendatangkan sekitar 150 peserta dengan profil lintas sektor, mulai dari akademisi, kepala desa, perwakilan Dinas Pendidikan, hingga masyarakat umum.

Sebagai penopang intelektual, seminar ini mengundang tiga eksponen keilmuan yaitu Budi Choiruddin (Pakar Perubahan Iklim Nasional), Fery Insani, SE., MM (Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung), dan Ir. Pan Budi Marwoto, M.Si (Kepala Bappeda Kabupaten Bangka) yang di moderator oleh Bambang Ari Satria, S.IP., M.Si (Dosen STISIPOL Pahlawan 12) dan Opening Speech dari Ketua STISIPOL Pahlawan 12 Dr Darol Arkum, M.Si.

BACA JUGA:Dosen STISIPOL Pahlawan 12 Jadikan Desa Kemuja Role Model Pendidikan Desa Berkualitas

BACA JUGA:Isi Kuliah Umum, PJ Bupati Haris: Lulusan Stisipol P12 Jangan Hanya Ingin Jadi Honorer

Selain itu, terdapat sesi presentasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat oleh para dosen di STISIPOL Pahlawan 12. 

"Kegiatan ini bukan sekadar pertukaran gagasan akademis, melainkan momentum strategis bagi Kabupaten Bangka untuk mengarahkan strategi pembangunan yang berkelanjutan. Dengan sinergi dan dedikasi, STISIPOL Pahlawan 12 berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Bangka dalam memaksimalkan implementasi pembangunan berkelanjutan yang efektif dan inklusif," tambahnya.(*)

BACA JUGA:STISIPOL Pahlawan 12 Wujudkan

BACA JUGA:STISIPOL P 12 Identitaskan Diri Sebagai Community-Based University

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: