Diikuti 198 Pemakalah, Dosen STISIPOL P12 Paparkan Stunting Dalam Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat

Diikuti 198 Pemakalah, Dosen STISIPOL P12 Paparkan Stunting Dalam Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat

Paparan Makalah Bambang Ari Satria --Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pahlawan 12, Bambang Ari Satria menjadi pemakalah dalam Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Malang, Rabu (29/11/23) melalui virtual zoom.

Adapun paper yang dipresentasikan berjudul "Gerakan Pemberdayaan dan Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kota Pangkalpinang". Paper ini merupakan implementasi hasil riset yang sudah dilakukan dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada bulan Agustus 2023 lalu di Kota Pangkalpinang.

Tujuan dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberdayakan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat yang tergabung dalam tim pecepatan penurunan stunting yakni bidan, tenaga gizi, penyuluh keluarga berencana, tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga, pembantu pembina keluarga berencana, kelurahan dan Kantor Urusan Agama untuk menangani stunting di Kota Pangkalpinang.

"Metode pelaksanaan kegiatan dalam bentuk pertemuan mini lokakarya pada kecamatan. Hasil kegiatan adalah terlaksananya kegiatan pemberdayaan dan peningkatan pengetahuan serta penguatan peran tim percepatan penurunan stunting dalam komunikasi perubahan perilaku untuk penurunan stunting di Kota Pangkalpinang," kata Bambang.

BACA JUGA:Dosen STISIPOL Pahlawan 12 Jadikan Desa Kemuja Role Model Pendidikan Desa Berkualitas

BACA JUGA:Isi Kuliah Umum, PJ Bupati Haris: Lulusan Stisipol P12 Jangan Hanya Ingin Jadi Honorer

BACA JUGA:STISIPOL P 12 Identitaskan Diri Sebagai Community-Based University

Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat dan International Community Services (KOPEMAS+ICS) ke 4 Tahun 2023 mengangkat tema Strategi Perguruan Tinggi dalam Pengabdian kepada Masyarakat Sejalan dengan Arah dan Kebijakan Menuju Indonesia Maju.

Dalam konferensi tersebut, ada 198 pemakalah yang mempresentasikan hasil pengabdian kepada masyarakat yang terbagi dalam ke beberapa room zoom dengan berbagai tema mulai dari pembangunan wilayah berbasis kearifan lokal, pemberdayaan kelembagaan, pemberdayaan sociopreneur, pendampingan kesehatan masyarakat, pendampingan pendidikan karakter dan budaya, pendampingan sekolah unggul, pesantren produktif, pengembangan ekonomi kreatif dan kewirausahaan, pengembangan pariwisata, penggunaan teknologi tepat guna dan produktifitas, penguatan UMKM, IKM, Bumdes dan koperasi dan sosial masyarakat.

Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat dan International Community Services (KOPEMAS+ICS) ke 4 Tahun 2023 mengundang Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr., Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) Prof. Luchman Hakim, SSi., MAgr.Sc., PhD sebagai keynote speaker.(*)

BACA JUGA:Kepala LPPM Stisipol P12: Perbaikan Lahan Eks Tambang Efektif Menurunkan Kemiskinan

BACA JUGA:Perkuat SDM Desa, STISIPOL P 12 Dirikan Konsentrasi Administrasi dan Kebijakan Pembangunan Desa

BACA JUGA:STISIPOL Pahlawan 12 dan BPIP RI Survei Laboratorium Kampung Pancasila

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: