Dosen STISIPOL Pahlawan 12 Jadikan Desa Kemuja Role Model Pendidikan Desa Berkualitas

Dosen STISIPOL Pahlawan 12 Jadikan Desa Kemuja Role Model Pendidikan Desa Berkualitas

FGD Hibah Penelitian SDGs Stisipol P12 --Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pahlawan 12, Bambang Ari Satria menjadikan Desa Kemuja sebagai role model pendidikan desa berkualitas. Hal ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan di Kantor Desa Kemuja, Sabtu (18/11/23).

"Desa Kemuja kami jadikan role model pendidikan desa berkualitas sebagaimana riset tematik SDGS yang kami laksanakan dengan topik Implementasi SDGS Desa Dalam Pemenuhan Indikator Pendidikan Desa Berkualitas," jelasnya.

Beberapa sasaran untuk mengukur indikator pendidikan desa berkualitas antara lain persentase keluarga dengan akses ke SD, SMP, SMA, Pesantren terdekat, APK SD SMP SMA, APM SD SMP SMA, rata-rata lama sekolah dan persentase RT yang memiliki taman bacaan masyarakat.

BACA JUGA:Isi Kuliah Umum, PJ Bupati Haris: Lulusan Stisipol P12 Jangan Hanya Ingin Jadi Honorer

BACA JUGA:STISIPOL Pahlawan 12 Wujudkan

Dengan beberapa sasaran tersebut, Bambang berkeyakinan mampu untuk menjadikan Desa Kemuja sebagai role mode pendidikan desa berkualitas. "Apalagi, kondisi eksisting mengenai infrastruktur pendidikan yang ada di Kemuja sangat baik dan lengkap serta tidak dimiliki oleh desa lain. Desa kemuja memiliki 2 PAUD, 3 TK/TPA, 2 SD, 1 MI, 1 MTs, 1 MA, 2 Pondok Pesantren, 1 Diniyah," sebutnya.

Kegiatan FGD tersebut menghadirkan narasumber Koordinator Provinsi Kepulauan Bangka Belitung program pemberdayaan dan pembangunan desa yang mengulas tentang SDGs secara umum.

SDGs Desa merupakan tujuan pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2023. SDGs Desa merupakan turunan dari Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan atau SDGs Nasional. Agar SDGs Nasional bisa terwujud, kemudian diturunkan SDGs Nasional menjadi SDGs Desa. SDGs Desa diharapkan sebagai acuan untuk pembangunan desa tahun 2020-2024.

BACA JUGA:STISIPOL P 12 Identitaskan Diri Sebagai Community-Based University

BACA JUGA:Kepala LPPM Stisipol P12: Perbaikan Lahan Eks Tambang Efektif Menurunkan Kemiskinan

Turut hadir dalam kegiatan FGD tersebut Kepala Desa Kemuja, Ketua BPD Kemuja, perangkat desa, pemuka agama, pimpinan pondok pesantren, para kepala sekolah dan tokoh pemuda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: