Ini Program Duta Genre Basel yang Ikut Andil Dalam Penurunan Angka Stunting

Ini Program Duta Genre Basel yang Ikut Andil Dalam Penurunan Angka Stunting

Duta Genre Bangka Selatan.--(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Upaya penurunan stunting di Kabupaten Bangka Selatan terus dilakukan secara masif, bukan hanya oleh Pemerintah Daerah (Pemda) saja tetapi perlu peran serta kolaborasi semua pihak, termasuk Duta Generasi Berencana (Genre) yang mengambil peran melalui program Pengurus Genre Cegah Stunting (PGC Ting).

Rizti Kholifi sebagai Ketua Pengurus PGC Ting Basel menyampaikan, program ini merupakan kerjasama dengan Pemkab Basel untuk ikut terjun langsung ke masyarakat dalam penurunan stunting.

"Melalui program ini forum Genre Basel secara aktif mengajak para remaja untuk ikut andil menyosialisasikan ke masyarakat tentang stunting," ungkapnya, Selasa (26/12).

BACA JUGA:Ini Hasil Audit Penanganan Stunting di Kabupaten Bangka Selatan

BACA JUGA:Ini Hasil Audit Penanganan Stunting di Kabupaten Bangka Selatan

Program ini sudah berjalan perdana pada 15 - 16 Desember lalu. Pihaknya sudah mendatangi dua kecamatan di Basel yang menjadi lokus stunting.

Dua Kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Toboali di Desa Rias dan Kelurahan Tanjung Ketapang sedangkan di Kecamatan Payung di Desa Desa Irat, Desa Bedengung dan Desa Payung.

"Keterlibatan Forum Genre ini tidak lain untuk menjalankan program ketahanan keluarga sebagaimana yang dicanangkan oleh pemerintah," ucapnya.

BACA JUGA:Peduli Stunting, Kodim 0432/Basel Bawa

BACA JUGA:Peduli Stunting Menjadi Tema Jambore PKK Tingkat Kabupaten Basel 2023

Dijelaskan Rizti, bahwa pada saat kunjungan tersebut pihaknya mengkampanyekan tentang Isi Piring yaitu, program bagi masyarakat dalam memahami bagaimana porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi, isi piringku adalah pengganti konsep empat sehat lima sempurna. 

Perlu diketahui 4 sehat 5 sempurna merupakan konsep lama tersebut kini tidak lagi mengakomodasi pemenuhan gizi seimbang. Selain menerapkan Isi Piringku PGC Ting juga mengajak masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula, garam dan lemak. 

"Dengan mengkampanyekan 'Isi Piring' ini kita berharap masyarakat menjadi tahu bagaimana cara memenuhi gizi yang baik bagi anak - anak," jelasnya.

BACA JUGA:Penanganan Stunting Jadi Prioritas Desa Bedengung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: