Penanganan Stunting Jadi Prioritas Desa Bedengung

Penanganan Stunting Jadi Prioritas Desa Bedengung

Jajaran Pemdes Bedegung --Ilham

BABELPO.ID, TOBOALI - Stunting menjadi prioritas penanganan di Desa Bedengung, Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Hal ini disampaikan oleh Kades Bedengung Amrullah Paidi kepada babelpos.id, pada Jum'at (15/09).

"Penanganan stunting masih menjadi prioritas Desa Bedengung, karena kita sudah anggarkan cukup besar melalui APBdes terkait stunting," ujarnya.

BACA JUGA:Kemenag Apresiasi Launching Wakaf Produktif dan Panen Raya Kelapa Sawit Desa Bedengung

Dikatakan Amrullah, bahwa salah satu strategi yang sudah dijalankan terkait penanganan stunting ini yakni bersama dengan posyandu mendatangi rumah - rumah warga dengan sosialisasi serta membagikan biskuit dan makanan bergizi kepada yang terdampak stunting.

"Terbukti strategi ini berhasil menurunkan angka stunting yang semula ada di 11 keluarga tetapi sekarang turun menjadi 7 keluarga," jelasnya.

BACA JUGA:Pemkab Basel Siapkan Program BAAS untuk Turunkan Stunting

"Selain itu pihaknya juga menggandeng Puskesmas Payung untuk mengecek satu minggu sekali terkait tumbuh kembang anak yang terdampak stunting," imbuhnya.

Amrullah turut menyebutkan bahwa, pola asuh juga menjadi salah satu penyebab stunting selain dari gizi makanan, karena kalau pola asuh salah tentunya tumbuh kembang anak juga terganggu.

BACA JUGA:Stunting di Basel Mencapai 23 Persen, Pemkab Siapkan Langkah Ini

Demi menghindari pola asuh yang salah, pihak desa bersama stakeholder juga menyosialisasikan kepada warga tentang pola asuh yang baik dan sehat.

Dengan strategi yang sudah diterapkan sekarang, ia optimis ahun depan Desa Bedengung zero stunting.

BACA JUGA:Peduli Stunting dan Kamtibnas dengan Polingdes

Namun, saat ini pihaknya mengalami sedikit kendala terkait air bersih, mengingat musim kemarau banyak sumur - sumur warga yang kering sehingga kebutuhan air bersih berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: