Tumiran Ganefo Titip MIN II Bangka, Jadi Pusat Pendidikan Generasi Islam

Tumiran Ganefo Titip MIN II Bangka, Jadi Pusat Pendidikan Generasi Islam

Peresmian Gedung MIN II Bangka.--Lia

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Babel, Tumiran Ganefo mengaku bangga dengan diresmikannya Gedung Ruang Kelas Baru (RKB) SBSN Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) II Kabupaten Bangka. Moment bersejarah ini dilaksanakan Senin (11/12/2023).

Gedung ini merupakan kampus B dari MIN II Bangka yang beralamat di  Jl.Pramuka Eks Tambang 23 Kelurahan Surya Timur Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung. Sedangkan kampus A MIN II beralamat di Jl.Jenderal Sudirman Parit Padang Sungailiat. 

Tumiran Ganefo didampingi Kepala Kemenag Kabupaten Bangka, Senaidi menjelaskan peresmian ini sebagai pengembangan Madrasah Ibtidaiyah II Bangka yang lebih luas dan refresentatif.

BACA JUGA:Peringatan Hakordia, Kemenag Babel Sosialisasi Cegah Korupsi

BACA JUGA:Kanwil Kemenag Dukung Potensi Anak Disabilitas di Babel Terus Maju

Dijelaskannya, bahwa sejarah pembangunan gedung kampus B ini telah dimulai beberapa tahun lalu oleh Kementerian Agama yang telah berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Bangka, sehingga Pemda Bangka kemudian menghibahkan tanah eks timah yang diserahkan ke aset Kementerian Agama untuk dibangun pusat pendidikan MIN 2 Bangka.

Dan sesuai proses yang disyaratkan oleh pemerintah, yakni harus bersertifikat, maka kemudian hak tersebut terus diproses dan saat ini telah diselesaikan dengan baik. Selanjutnya pihak Kemenag juga kembali meminta kepada negara melalui Kementerian Agama RI untuk mendapatkan pembangunan gedung pendidikan Madrasah melalui pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Alhamdulillah para hari ini pula telah berdiri gedung yang refresentatif terdiri dari 3 lokal gedung di lantai atas dan 3 lantai di bawah. Insya Allah ke depan pembangunan ini akan terus kita kembangkan lebih lanjut oleh orang-orang atau pemimpin yang visioner,” ujarnya.

BACA JUGA:Kemenag Babel Galang Donasi Kemanusian Untuk Palestina

BACA JUGA:Keren, Kemenag Basel Ciptkan Inovasi Oke MAPS, Demi Tuntaskan Angka Putus Sekolah

Kampus B MIN II Bangka ini memiliki lahan mencapai 1,5 hektar, sehingga diharapkan kedepannya akan menjadi center madrasah dari tingkat MI, MTS dan MA. Karena kita optimis jika ke depan SBSN-nya sanggup, maka gedung kampus A tetap akan berjalan sebagaimana mestinya dan di kampus B juga dapat terus berkembang 

Namun menurutnya, mekanisme terhadap pembiayaan lembaga pendidikan tentu tidak bisa menjadi tanggungjawab satu institusi saja, tetapi juga harus didukung oleh pemda setempat. Oleh karena itu perlu kelincahan, perlu kedekatan, perlu ekstra waktu dari lembaga pimpinan untuk mendekatkan orang-orang yang punya keuangan. 

“Karena seperti yang saya katakan, bahwa SBSN itu punya sifat tidak bisa beruntun, sebab bisa jadi tahun ini dapat, tahun depan dialihkan ke tempat lain, makanya kami juga berharap kepada Kemenag Kabupaten Bangka agar dapat berkomunikasi dengan  pemda untuk membantu untuk penambahan fasilitas yang ada di MIN 2 Bangka ini semakin lebih baik ke depan. Karena sebelumnya kami dari Kanwil Kemenag Babel juga sudah mendapatkan hibah 3 miliar untuk pembangunan MIN 1 Bangka Tengah dari bantuan Gubernur Babel, maka contoh ini  harus bisa berkembang dan menular di Babel,” dorong Tumiran. 

BACA JUGA:Kanwil Kemenag Babel Terima Sertifikat Hak Atas Tanah Hibah Pemprov Babel dari Menteri ATR/BPN RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: