Pemkab Babar, TNI/Polri Gelar Rakor Pencegahan Banjir dan Pengendalian Wabah Penyakit

Pemkab Babar, TNI/Polri Gelar Rakor Pencegahan Banjir dan Pengendalian Wabah Penyakit

--

MENTOK - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat bersama Kodim 0431/Bangka Barat, Polres Bangka Barat dan instansi lainnya mengadakan rapat koordinasi pencegahan banjir dan wabah penyakit di OR I Setda Pemkab Bangka Barat, Rabu (6/12/2023). 

Dalam pertemuan itu membahas langkah konkret untuk pengendalian banjir dan sistem drainase di kawasan Pasar Mentok. Selain itu, disiapkan strategi peningkatan kewaspadaan terhadap potensi wabah penyakit juga menjadi fokus utama. 

Pemerintah daerah juga berkomitmen untuk melibatkan masyarakat secara aktif melalui kampanye penyuluhan dan simulasi evakuasi. Dalam upaya bersama ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh, serta meningkatkan kapasitas dalam menghadapi tantangan alam dan kesehatan masyarakat.

"Ini sudah masuk musim penghujan, untuk di wilayah Mentok khususnya untuk menghadapi itu kita kolaborasi dari pemerintah daerah, TNI Polri. Skemanya yang pertama ialah pengerukan sungai di dekat pasar Mentok, pembersihan area pasar dan ada juga penanaman pohon," kata Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming

Sementara, Dandim 0431/Bangka Barat Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval mengatakan pihaknya siap mengerahkan personel dan sejumlah peralatan untuk upaya pencegahan banjir dan pengendalian wabah penyakit. 

"Personel berikut dengan peralatan yang Kodim punya kami kerahkan. Tapi, karena kami memiliki keterbatasan, makanya kami mengajak semua stakeholder untuk mensukseskan kegiatan ini. Tujuannya pencegahan banjir, abrasi, dan penyebaran penyakit khususnya demam berdarah dengue (DBD), " kata Letkol Inf. Kemas Muhammad Nauval. 

"Kegiatan mulai dikerjakan Kamis besok itu pembersihan pasar, kemudian di Jumat kami lakukan penghijauan. Terus di hari Sabtunya kita membersihkan saluran air di Pasar," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: