Wujudkan Lapas Bersinar, Lapas Narkotika Pangkalpinang Komitmen Perangi Narkoba

Wujudkan Lapas Bersinar, Lapas Narkotika Pangkalpinang Komitmen Perangi Narkoba

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono berserta jajaran berkomitmen teguh dan fokus dalam memberantas peredaran narkoba yang menjadi bagian dari penegakan P4GN khususnya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang. 

BACA JUGA:Olahraga Jangan Berlebihan, Bisa Berakibat Ini

Komitmen ini disampaikan Kalapas  saat pertemuan dengan Kepala Bidang Pemberantasan Narkoba (Kabid Berantas) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (24/11/2023). 

"Kami (Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang) selalu berupaya untuk memerangi peredaran narkoba di Lingkungan Lapas, baik oleh petugas maupun warga binaan guna mewujudkan Lapas Bersinar (bersih dari narkoba)," tegas Kalapas.

BACA JUGA:Jalan Sehat HUT KORPRI 2023, Bupati Bateng Minta ASN Jaga Netralitas dan Tahu Aturan

Dalam pelaksanaannya, Kalapas menyebutkan bahwa sudah dilakukan beberapa upaya untuk mewujudkan komitmen tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah dengan meningkatkan sinergitas antara Lapas Narkotika Pangkalpinang dengan Aparat Penegak Hukum (APH) seperti BNN Kota Pangkalpinang, BNNP Kepulauan Bangka Belitung, Polresta Pangkalpinang dan Polda Kepulauan Bangka Belitung. 

"Sinergitas itu kami wujudkan melalui pelaksanaan program tes urine dan razia kamar hunian yang melibatkan pihak tersebut (APH). Dan hal ini kami laksanakan secara rutin minimal satu kali dalam seminggu," ujar Kalapas.

BACA JUGA:Bawaslu Pangkalpinang Susun Strategi Pertanggungjawaban Keuangan ke Jajaran

Program tes urine sendiri yang dilaksanakan di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang menargetkan 10 orang warga binaan dan lima orang petugas Lapas Narkotika Pangkalpinang yang dipilih secara acak dan bergantian setiap minggunya. 

Hal yang sama, kata Kalapas, juga dilakukan pada kegiatan razia kamar hunian, dimana dalam setiap pelaksanaannya sering melibatkan pihak eksternal seperti kepolisian dan TNI yang diawasi langsung oleh Kantor Wilayah melalui Divisi Pemasyarakatan.

BACA JUGA:Sepanjang Ini, 200 Bencana Hantam Bangka Tengah

"Kami terus berupaya dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang. Berbagai cara kami tempuh sebagai bentuk komitmen nyata kami dalam memerangi dan memberantas peredaran narkoba di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang," ungkap Kalapas.

Kalapas menambahkan, dengan komitmen dan semangat yang kuat dari jajarannya dalam memberantas peredaran narkoba, sebagai upaya memastikan bahwa kondisi lapas saat ini dalam keadaan aman terkendali dengan mengoptimalkan seluruh personel. 

BACA JUGA:Firli Bahuri Game Over...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: