Dua Inovasi Pemkab Bangka Ini Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Kemenpan-RB dan Pemprov Babel

Dua Inovasi Pemkab Bangka Ini Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Kemenpan-RB dan Pemprov Babel

PJ Bupati Haris menerima penghargaan pelayanan publik dari Pemprov Babel.--Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Kabupaten Bangka dipandang sebagai barometer dalam inovasi pembangunan di Indonesia setelah kembali berhasil meraih Penghargaan Inovasi Terbaik se-Indonesia dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penghargaan inovasi pelayanan publik tingkat nasional tersebut diserahkan dalam acara prestisius "Awarding Top 45 Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia” yang digelar di Jakarta.

Anugerah langsung diserahkan oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa pada Selasa, 21 November 2023 di Hotel Bidakara Jakarta. Penghargaan diberikan langsung kepada Pj Bupati Bangka yang diwakili oleh Kepala Bappeda.

BACA JUGA:Ini Inovasi Pemenang Bangka Inoklamasi Award 2023

BACA JUGA: 247 Inovasi Bangka Perlu Disosialisasikan

Penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik merupakan anugerah yang 10 kali secara konsisten dan berturut-turut diterima oleh Kabupaten Bangka. Pemerintah pusat telah memberikan penilaian dan penghargaan terhadap inovasi yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan kementerian/lembaga/BUMN serta memberikan penghargaan dan/atau insentif kepada pemerintah daerah yang berhasil melaksanakan praktik-praktik inovasi terbaik dalam penyelenggaraan pelayanan publik. 

Penyelenggaraan KIPP Tahun 2023 sangat spesial karena bertepatan dengan momentum 10 tahun gerakan One Agency One Innovation dan KIPP yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014. Penerima penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2023 tidak hanya berasal dari Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, tetapi juga dari BUMN dan BUMD.

Inovasi yang mendapatkan penghargaan adalah inovasi pengelolaan ekosistem laut. Inovasi yang mengusung gagasan pengelolaan ekosistem kelautan yang memperhatikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan aspek lingkungan, ekonomi dan sosial. Inovasi dilakukan dengan aksi kolaborasi pelibatan seluruh pemangku kepentingan.

BACA JUGA:Ombudsman Babel Apresiasi Pemkab Bangka Adakan Inovasi Pelayanan Publik

BACA JUGA:Kabupaten Bangka Raih Top Inovasi 99 dan 15 Terbaik Tingkat Nasional

Penghargaan inovasi terbaik juga diraih oleh Pemerintah Kabupaten Bangka dalam kontestasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023.

Inovasi yang usung adalah inovasi laboratorium inovasi. Inisiatif ini mengusung gagasan sistematis dan terintegrasi dalam membangun inovasi yang kuat dan berkelanjutan di Kabupaten Bangka.

Penghargaan diberikan bertepatan dengan hari jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-23 dan diserahkan langsung oleh Penjabat Gubernur Bangka Belitung Dr. Safrizal ZA, M.Si pada tanggal 21 November 2023.  Anugerah inovasi terbaik tingkat Provinsi ini juga merupakan anugerah yang kedua diraih secara konsisten dan berturut-turut tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA:Inovasi RSUD Depati Bahrin Raih Dua Penghargaan Pemkab Bangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: