Ini Inovasi Pemenang Bangka Inoklamasi Award 2023

Ini Inovasi Pemenang Bangka Inoklamasi Award 2023

Kepala Bappeda Bangka menyerahkan hadiah kepada pimpinan OPD pemenang Inoklamasi Award 2023.--Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka menyelenggarakan acara Anugerah Bangka Inoklamasi Award 2003, di Novilla Boutique Resort Sungailiat, Senin (28/8/2023). 

Acara yang digagas oleh Bappeda ini merupakan pemberian apresiasi kepada TOP 10 lomba inovasi pembangunan dan pelayanan publik tingkat Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka, Mulkan, SH. MH menyampaikan bahwa inovasi merupakan cara baru untuk untuk membangkitkan ekonomi wilayah.  

Pengalaman dunia memperlihatkan bahwa banyak negara yang memiliki keterbatasan sumberdaya alam, namun melesat pembangunan ekonominya dan menjadi negara termakmur berkat keberhasilan mendorong kemajuan inovasi.

"Dalam konteks inilah, Pemkab Bangka juga akan terus mendorong inovasi sebagai salah satu instrument utama pembangunan daerah dalam rangka mewujudkan Bangka Sejahtera dan Mulia," ujar Bupati Mulkan. 

BACA JUGA:Ombudsman Babel Apresiasi Pemkab Bangka Adakan Inovasi Pelayanan Publik

Dikatakan Mulkan, Pemkab Bangka telah melakukan langkah-langkah strategis hulu hilir dengan berbagai program seperti, penetapan regulasi pengelolaan inovasi, laboratorium inovasi, gerakan 1001, forum inovasi, serta kompetisi inovasi. Berbagai inisiatif iovasi dilakukan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang berbasis hexahelix, yaitu pemerintah daerah, perguruan tinggi, dunia usaha, perbankan, media massa dan berbagai kalangan komunitas marjinal. 

Bupati Mulkan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendorong terciptanya iklim kelembagaan inovasi yang kuat sehingga terciptanya tata kelola kinerja Pemkab Bangka yang sangat inovatif dan mampu berdaya saing dalam tatakelola inovasi, tidak hanya di kancah provinsi tetapi juga kancah nasional bahkan dunia.

BACA JUGA:Inovasi RSUD Depati Bahrin Raih Dua Penghargaan Pemkab Bangka

Sedangkan, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin. S.IP. M.Tr. IP, menyatakan bahwa berkat semangat dan budaya inovasi tersebut, pada tahun 2019, Kabupaten Bangka berhasil meraih penghargaan Inovation Government Award kategori pemerintah daerah “sangat Inovatif” dari kementerian dalam negeri.

Prestasi tersebut kembali diraih pada tahun 2020, 2021, dan 2022. Kemudian, untuk inovasi pelayanan publik, secara konsisten berturut-turut, Pemkab Bangka juga berhasil menembus Prestasi Top 99 sebanyak 9 kali, mulai 2015 hingga 2023, 4 hingga 5 kali menembus Top 45 dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat nasional dan 2 kali terpilih mewakili Indonesia dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat dunia pada tahun 2017 dan 2023 ini.

BACA JUGA:Congrats... Pemkab Bangka Lolos Kompetisi Inovasi Tingkat Dunia

Kepala Bappeda, Pan Budi Marwoto menyatakan bahwa branding Inoklamasi sebenarnya merupakan akronomi dari Inovasi di bulan Proklamasi yang secara tersirat memberikan pesan bahwa seperti kemerdekaan, Inovasi juga harus diproklamirkan, didorong perkembangannya dan diterapkan dalam semua aspek tata kelola pemerintah daerah.

Dalam pelaksanaanya Bangka Inoklamasi Award 2023, terbagi dalam dua kluster kompetesi inovasi yakni pemerintahan dan non pemerintahan serta diikuti oleh setidaknya 97 inovasi dari semua OPD, Pemerintah Desa dan berbagai organisasi kemasyarakatan. Inovasi terpilih akan diikutsertakan dalam kompetisi inovasi tingkat provinsi dan nasional. Sementara bagi Pemerintah Desa yang memenangkan inovasi akan diberikan reward alokasi dana desa berbasis kinerja.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: