Dampak Baik Pelatihan Pupuk Cair PT Timah Tbk, Buah Nanas Poktan Air Jelutung Mulai Tumbuh Besar

Dampak Baik Pelatihan Pupuk Cair PT Timah Tbk, Buah Nanas Poktan Air Jelutung Mulai Tumbuh Besar

--

BABELPOS.ID, BANGKA BELITUNG - Pelatihan biocart, cocopeat dan pembuatan pupuk organik cair yang dilakukan PT Timah Tbk untuk Kelompok Tani (Poktan) Air Jelutung Desa Badau memberikan dampak positif.

Sebab, setelah PT Timah Tbk bekerjasama dengan Sucofindo Semarang, pelaksanaan pelatihan di Poktan membuahkan hasil sebagai bentuk dukungan perusahaan dalam meningkatkan produksi nanas di Pulau Belitung.

Ketua Kelompok Tani Air Jelutung Suhari mengatakan, sebelumnya lahan poktan mereka merupakan bekas tambang, sehingga saat menanam nanas masih belum maksimal, karena kondisi lahan.

BACA JUGA:Kanwil Kemenag Babel Terima Sertifikat Hak Atas Tanah Hibah Pemprov Babel dari Menteri ATR/BPN RI

Berbekal pelatihan yang dilakukan oleh PT Timah Tbk, mereka mulai mengaplikasikan ilmunya sehingga kini mulai membuahkan hasil yang baik.

“Hasilnya sudah terlihat, dan memberikan dampak yang baik, karena buahnya sudah mulai membesar sebelum dilakukan pelatihan,” kata Suhari, Kamis (9/11/2023). 

Menurut Suhari, kondisi tanah setelah diberi biocart, cocopeat, dan pupuk organik cair tentu membuahkan hasil, yakni tanah menjadi lebih subur.

BACA JUGA:PT Timah Jaga Kawasan IUP Lewat Sertipikasi, Jalin Kerjasama ke BPN

Sebab, usai pelatihan mereka terus membuat pupuk cair secara mandiri dan terus dilakukan.

Dampaknya nanas mulai subur dan buahnya banyak yang besar-besar, ujarnya.

Bahkan, kata Suhari, ada masyarakat yang belajar membuat pupuk cair untuk diaplikasikan pada kebunnya, tentu hal ini berdampak besar bagi masyarakat, membantu pertanian masyarakat.

BACA JUGA:Di Babel, Menteri Hadi Tjahjanto Door to Door Serahkan Sertifikat Tanah Masyarakat

Oleh karena itu, ia mengapresiasi pelatihan yang dilakukan PT Timah Tbk, karena terbukti memberikan hasil dan dampak yang sangat baik.

“Ini sangat membantu kami sebagai kelompok tani sehingga kami bisa mengetahui cara membuat pupuk kandang dan pupuk organik cair,” ujarnya.(pas/rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: