Jangan Lengah Saat Mandi, Ini 3 Bagian Tubuh Paling Kotor yang Sering Terlewatkan

Jangan Lengah Saat Mandi, Ini 3 Bagian Tubuh Paling Kotor yang Sering Terlewatkan

Ilustrasi mandi--Ist

BABELPOS.ID - Mandi pada dasarnya untuk membersihkan tubuh yang kotor setelah beraktivitas, dan untuk menyegarkan kembali tubuh. Namun ternyata ada beberapa bagian tubuh yang kadang terlewatkan saat mandi.

Bagian apa itu?

Menurut para peneliti dari Universitas George Washington (GW) melalui studi yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Microbiology, ada tiga bagian tubuh yang sebenarnya paling kotor namun sering lupa dibersihkan saat mandi, yakni belakang telinga, sela jari kaki dan pusar.

Profesor profesor biostatistik dan bioinformatika di GW Keith Crandall, PhD mewakili peneliti mengatakan ketika area tubuh yang lembap dan berminyak tidak cukup sering dicuci maka bisa memberikan kesempatan bagi mikroba tertentu yang tidak diinginkan untuk mengubah seluruh mikrobioma dan berpotensi menyebabkan kondisi kulit seperti eksim atau jerawat.

BACA JUGA:Apa Saja Manfaat Jalan Kaki Bagi Tubuh, Berikut Beberapa Diantaranya

BACA JUGA:Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Lalu apa pandangan pakar kesehatan mengenai dampak tidak membersihkan tiga bagian tubuh yang seringkali terlupakan untuk dibersihkan namun sebenernya kotor? 

- Pusar

Selain gelap dan lembap, pusar juga memiliki banyak lipatan kulit, sehingga menciptakan lingkungan ideal bagi penumpukan sel kulit mati, keringat, dan mikroorganisme lainnya, seperti bakteri dan jamur, kata Purdy.

Hal ini tidak hanya menimbulkan bau, tetapi gesekan kulit pada kulit dapat membuat area tersebut rentan terhadap infeksi dan yang paling umum adalah infeksi stafilokokus dan jamur.

“Area ini bisa menjadi sangat teriritasi, terinfeksi, meradang, merah, gatal, menjadi kasar, dan bahkan berkeropeng atau timbul kerak kuning,” catat Purdy.

BACA JUGA:Teh Hitam Terbukti Mampu Cegah Diabetes

BACA JUGA:Penting Diketahui Tentang Minum Susu

Menurut pakar kesehatan, membersihkan pusar setiap satu atau dua hari sudah cukup dan tidak diperlukan sabun khusus. Jika seseorang memiliki kulit sensitif atau kondisi seperti eksim, maka sebaiknya memilih sabun atau sabun mandi yang sesuai dengan jenis kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara