Penting Diketahui Tentang Minum Susu

Penting Diketahui Tentang Minum Susu

Susu--Ist

BABELPOS.ID - Susu yang kaya gizi dan manfaat ternyata harus segera diminum setelah dituang dari kemasannya. Jika tidak susu bisa basi.

Menurut Dokter spesialis gizi yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK,.susu harus segera diminum setidaknya tak lebih dari dua jam setelah dituang ke gelas.

"Idealnya tidak lebih dari dua jam harus diminum karena enggak cuma fresh milk (susu segar) atau UHT, semua berisiko untuk basi," ujar Christopher diberitakan Antara saat temu media bertema “Ngopi Susu” #2, Beda Susu, Beda Nutrisinya, Beda Pula Manfaatnya!” di Jakarta, Jumat, (6/10).

BACA JUGA:Perempuan Wajib Tahu! Ini 10 Ciri Kosmetik Berbahaya

Sedangkan untuk susu yang telah dibuka kemasannya perlu segera dimasukkan ke lemari pendingin apabila belum habis, termasuk juga untuk susu jenis ultra high temperature atau UHT.

Untuk diketahui, susu UHT dipanaskan pada suhu cukup tinggi (131-145 derajat Celsius) dalam 10-40 detik untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme berlebih.

BACA JUGA:Cobain 5 Cara Mudah Turunkan Berat Badan Ini

Kandungan nutrisi susu UHT dikatakan lebih rendah dibandingkan susu segar pasteurisasi, namun, umur simpannya lebih lama yakni 9-10 bulan. Susu segar biasanya hanya dapat disimpan kurang dari 40 hari di suhu dingin.

"Biasanya setelah dibuka langsung dimasukkan ke kulkas meskipun UHT. Setelah dibuka sudah mulai ada udara yang bertukar, risiko untuk bakteri. Udara, kan, tidak sepenuhnya steril ada bakteri, droplet, bisa muncul," kata Christopher menjelaskan.

BACA JUGA:Kangkung Tak Hanya Lezat, Ini 8 Kandungan dan Manfaatnya

Lalu bagaimana dengan susu berbasis protein nabati?

Menurut Christopher, susu berbasis protein nabati juga sehat bernutrisi seperti susu hewani. Susu protein nabati merupakan pilihan alternatif bagi mereka yang tidak mampu menerima dan mengolah laktosa serta alergi protein tertentu. 

BACA JUGA:4 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Anda Coba

Namun bagi yang tidak memiliki kebutuhan khusus, mengonsumsi susu protein hewani seperti susu segar pasteurisasi nutrisinya lebih lengkap, baik untuk usia anak atau dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara