Pastikan Ketahanan Pangan, Irjen Kementan Cek Bumdesma Airgegas

Pastikan Ketahanan Pangan, Irjen Kementan Cek Bumdesma Airgegas

Kunjungan Irjen Kementan di Airgegas Basel.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Mendorong percepatan program strategis, prioritas, dan program super prioritas Kementerian Pertanian (Kementan), Inspektur Jenderal (Irjen) Kementan kunjungi Desa Airgegas Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Rabu (27/09).

Irjen Kementan Dr. Jan Samuel Maringka menyampaikan, kunjungan ini dalam rangka penguatan sinergitas dan kolaborasi pengawasan.

"Adapun dengan sinergi pengawasan terhadap komitmen pemerintah pusat dan daerah adalah kunci dalam mendukung program ketahanan pangan di tengah krisis pangan yang sedang melanda dunia," ungkapnya.

BACA JUGA:Petani Basel Dapat Bantuan 54.068 Liter Pupuk Cair dari Kementan

Pengawasan dilakukan dengan sinergi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) agar progam-program bisa berjalan tepat waktu, tepat sasaran, baik program dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 

"Dengan ini Kementan pun sangat berkomitmen membangun ketahanan pangan dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dengan mengedepankan fungsi pencegahan dan early warning system dapat dilakukan dengan baik," jelasnya.

BACA JUGA:Kunjungi Desa Rias, Kejati Puji Perkembangan Pertanian: Luar Biasa

Dijelaskan Irjen Kementan, sektor pertanian Provinsi Babel pada tahun 2022 berkontribusi 19% dari Produksi Domestik Regional Bruto (PDRB), kedua terbesar dan menyerap 23,45% tenaga kerja di Babel.

"Dengan produksi lada terbesar di Indonesia yakni lada putih yang terkenal di dunia yaitu Muntok White Pepper, serta menjadi penghasil durian unggulan nasional," tuturnya.

BACA JUGA:Kelompok Tani Sido Rukun Dapat Bantuan 10 Ekor Indukan Sapi

Lebih lanjut, Bumdesma mitra bersatu Airgegas memiliki sistem keseluruhan rantai pasok, melalui kerjasama sertifikasi petani mitra dimana bekerjasama dengan Kelembagaan Masyarakat Perlindungan Geografis (MPIG), Muntok White Pepper Arise Indonesia, koltiva Indonesia dan CSQA Italy sebagai Auditor Eksternal System ketelusuran rantai pasokan baku lada yang di proses perusahaan bergerak dibidang hulu hingga hilirisasi produk lada putih Bangka yang terkenal di dunia.

"Lada putih yang terkenal di dunia adalah brand Muntok White Pepper, dimana Muntok Pepper dikenal dengan kepedasan dan kehangatan tertinggi di dunia (Kadar Pepperin)," ucap Jan Samuel Maringka.

BACA JUGA:Ini Pesan Wabup Debby Saat Hadiri Pekan Nasional Tani XVI 2023

Diungkapkannya, lada brand Muntok sangat digemari karena memiliki fasilitas rumah produksi yang terstandar sesuai regulasi keamanan pangan internasional menuju sertifikasi HACCP (Hazard Analisty dan Critical Control point), sehingga didapat produk akhir lada putih yang terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: