Petani Basel Dapat Bantuan 54.068 Liter Pupuk Cair dari Kementan

Petani Basel Dapat Bantuan 54.068 Liter Pupuk Cair dari Kementan

Risvandika --Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintahan Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan (DPPP) mendapatkan bantuan pupuk cair dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Bantuan pupuk cair ini diperuntukkan bagi para petani sawah guna menambah vitamin serta mempercepat pertumbuhan padi.

"DPPP Basel mendapatkan bantuan pupuk cair sebanyak 54.068 liter dari Kementerian Pertanian khusus bagi para petani untuk sawahnya," jelas Plt Kepala DPPP Basel Risvandika, Senin (04/09).

BACA JUGA:Fenomena El Nino Sawah Banyak Kekeringan, DPPP Basel Atur Pengelolaan Air

Dijelaskannya, nantinya setiap petani mendapatkan 1 botol pupuk cair atau 1 liter per petak sawah. Saat ini pupuk cair tersebut sudah didistribusikan ke para petani di Basel.

"Pupuk cair ini merupakan tambahan diluar pupuk subsidi yang ada," tambahnya.

Disebutkannya, selama ini para petani mendapatkan pupuk subsidi yang berdasarkan saran DPPP Basel pemakaiannya tiap 1 hektar sawah sebanyak 175 kilogram. Sedangkan untuk pupuk NPK sekitar 375 kilogram per hektar.

BACA JUGA:Hama Blas Serang Sawah Rias, Petani Terancam Gagal Panen

"Dengan luasan sawah kita kurang lebih 13 ribu hektar maka usulan pupuk subsidi tersebut yang kita ajukan ke pusat."

"Tetapi kita cuma sebatas mengajukan, dan itu tergantung dari pemerintah pusat, tetapi kami terus melakukan penambahan atau mencari sela UU UN sela kosong yang ada di pusat untuk penambahan pupuk Kabupaten Basel," jelas Risvandika.

BACA JUGA:Tinjau Sawah Desa Rias, Dandim Berharap Jadi Lumbung Beras Bangka Belitung

Sementara itu, mengingat  memasuki musim kemarau yang mulai membuat susutnya air embung Yamin, menurut Risvandika akan menggunakan sistem koneksi.

"Berdasarkan dari Sistem Pertanian Terpadu (SPT) melalui Balai Pertanian Babel bahwa embung Yamin nantinya akan terkoneksi dengan embung Mentukul. Tetapi sekarang balai sedang memperbaiki embung Pungpung, jadi kemungkinan tahun depan nanti akan segera dilakukan koneksi antar embung," ucapnya.

BACA JUGA:Pemkab Basel Tak Cetak Sawah Tahun 2023, Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: