PKKMB 1.928 Mahasiswa Baru, Rektor UBB Pastikan Tak Ada Persekusi dan Bullying

PKKMB 1.928 Mahasiswa Baru, Rektor UBB Pastikan Tak Ada Persekusi dan Bullying

PKKMB Mahasiswa Baru UBB.-Ist -

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Pasca pandemi Covid-19 1, Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023. Kegiatan diikuti 1.928 orang mahasiswa baru (MABA) yang terdiri dari angkatan tahun 2022 dan 2023 di GOR Sahabudin Pemprov Babel Air Itam Pangkalpinang. 

Rektor UBB, Ibrahim menjelaskan, PKKMB yang mengangkat tema "Mewujudkan Generasi Muda Yang Kompetitif, Keren, Inovatif di Era Merdeka Belajar" ini wajib diikuti sebelum mahasiswa baru aktif berkuliah di kampus mulai 21 Agustus 2023 mendatang.

Kegiatan ini bertujuan sebagai langkah percepatan bagi mahasiswa baru agar mudah dan cepat beradaptasi dengan lingkungan kehidupan kampus.

BACA JUGA:Tim PMTU UBB Dampingi Pendaftaran NIB Bagi UMK Desa Tumbak Petar

UBB ditegaskannya pasti akan menyelenggarakan PKKMB dengan happy fun, bebas persekusi, bullying, perpeloncoaan atau kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa menimbulkan kecemasan, kekhawatiran terhadap MABA maupun orang tua. 

“Kami ingin penerimaan PKKMB ini berlangsung rileks dan menyenangkan bagi para MABA tahun 2023, sehingga tidak ada lagi seperti dulu yang nyaris setiap kali ada pekan penerimaan MABA baru kesannya menyeramkan seperti horror. Dan ini yang sangat kita hindari,” ujar Ibrahim.

BACA JUGA:Tim Dosen Pengabdian UBB Latih UMKM Pangkalpinang Keuangan Digital

Konsep pelaksanaan PKKMB UBB tahun 2023 dilakukan selama 3 hari yakni hari pertama oleh universitas, hari kedua oleh fakultas dan hari ketika oleh prodi masing-masing. PKKMB ini juga dirangkaikan dengan talkshow bersama para pemateri yang kapabel dan sesuai dengan target UBB yang ingin terus mendorong gerakan-gerakan nasionalisme, wawasan kebangsaan, anti radikalisme, sekaligus memastikan bahwa mahasiswa UBB bisa memahami struktur pendidikan di perguruan tinggi.

"PKKMB UBB tahun 2023 ini diharapkan tidak hanya sebagai ajang untuk saling mengenal lebih cepat tentang UBB maupun atmosfir akademik, tetapi juga mahasiswa baru dituntut lebih cepat dalam mengenal bagaimana nanti melewati masa-masa kuliah,” ujar Ibrahim. 

BACA JUGA:FT UBB akan Gelar ICoGEE, Pj Gubernur Kepulauan Babel: Kita Siap Bersinergi

Mahasiswa baru yang dicari UBB di era merdeka belajar ini adalah mahasiswa yang memiliki talenta global, cepat beradaptasi secara inovatif dan kreatif.

“Kita ingin agar mahasiswa ini bisa disiapkan tidak hanya menguasai akademik dan pengetahuan tetapi juga kemampuan cepat beradaptasi dengan situasi global yang tentu saja selalu berlangsung dinamis dan berubah-ubah dengan cepat pula. Dan inilah yang sangat dibutuhkan atau dituntut agar kita bisa memastikan bahwa anak-anak akan mampu menjadi sdm yang berdaya, memiliki kemampuan adaftif yang baik dan mereka bisa memutuskan bisa mau mendalami apa di ujung masa studinya,” jelas Ibrahim.(*)

BACA JUGA:Dosen Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin UBB Ciptakan Mesin Pengaduk Pakan Ternak Efisiensi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: