Tim PMTU UBB Dampingi Pendaftaran NIB Bagi UMK Desa Tumbak Petar

Tim PMTU UBB Dampingi Pendaftaran NIB Bagi UMK Desa Tumbak Petar

Tim PMTU UBB di Desa Tumbak Petar-Ist -

BABELPOS.ID, MENTOK - Tim Pengabdian Masyarakat Tingkat Universitas (PMTU) Universitas Bangka Belitung memberikan pelatihan mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Desa Tumbak Petar Guna Perlindungan Legalitas Usaha.

Kegiatan bertema "Edukasi dan Pendampingan Pendaftaran Nomor Induk Berusaha Bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Desa Tumbak Petar Guna Perlindungan Legalitas Usaha”, bertempat di Desa Tumbak Petar pada Selasa, 8 Agustus 2023. 

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa Tumbak Petar Paril dan Tim PMTU UBB, Bunga Permatasari, S.H., M.H (Ketua Tim), Winanda Kusuma, S.H., M.H, Fahmi Rizal, S.Si., Biomed, dan Ave Agave Christina Situmorang, S.H., M.H.

BACA JUGA:Tim Dosen Pengabdian UBB Latih UMKM Pangkalpinang Keuangan Digital

Bunga Permatasari mengatakan NIB menjadi salah satu hal penting yang harus dibuat oleh pelaku usaha mikro dan kecil. Karena itu Tim PMTU UBB melakukan pendampingan bagi pelaku usaha di Tumbak Petar untuk memilikinya.

"Nomor induk berusaha dapat digunakan sebagai tanda daftar perusahaan dan juga hak akses kepabeanan. Masa berlaku dari nomor induk berusaha ini yaitu selama para pelaku usaha menjalankan usahanya. Proses pendaftaran nomor induk berusaha tidak dipungut biaya apapun. Output dari kegiatan ini diharapkan kelak pelaku usaha mikro dan kecil di desa Tumbak Petar dapat melakukan pendaftaran nomor induk berusaha mereka dan dapat menjadi penunjang bagi usaha yang dimiliki oleh masyarakat di desa Tumbak Petar," jelasnya.

BACA JUGA:FT UBB akan Gelar ICoGEE, Pj Gubernur Kepulauan Babel: Kita Siap Bersinergi

Kegiatan ini juga untuk menjalankan salah satu sub penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dengan terjun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat pelaku usaha mikro dan kecil dalam pembuatan nomor induk berusaha.

"Kegiatan workshop ini mengarahkan masyarakat untuk dapat secara mandiri melakukan pendaftaran nomor induk usaha sebagai salah satu bentuk legalisasi usaha yang dimiliki masyarakat di desa Tumbak Petar."

BACA JUGA:Dosen Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin UBB Ciptakan Mesin Pengaduk Pakan Ternak Efisiensi

Dalam pelatihan ini Tin PMTU UBB memberikan materi terkait nomor induk berusaha, bagaimana teknis pendaftaran nomor induk berusaha, hingga tujuan pendaftaran nomor induk berusaha.

Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi para pelaku usaha mikro dan kecil di desa Tumbak Petar untuk melegalisasi usaha mereka untuk dapat memberikan dampak yang baik untuk usaha yang dimiliki masyarakat di Desa Tumbak Petar.(*)

BACA JUGA:Biologi UBB Sukses Gelar Pengabdian, Inisiasi Bank Sampah Hingga Budidaya Maggot

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: