Dosen Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin UBB Ciptakan Mesin Pengaduk Pakan Ternak Efisiensi

Dosen Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin UBB Ciptakan Mesin Pengaduk Pakan Ternak Efisiensi

Penyerahan mesin pengolah pakan ternak kepada peternak Air Anyir.-Tri-

BABELPOS.ID, MERAWANG - Upaya mendukung dan berkontribusi pada sektor pertanian, khususnya peternakan di daerah Bangka dilakukan dosen dari Jurusan Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung (UBB). Wujud pengabdian masyarakat ditunjukkan dengan pemberian mesin pengaduk pakan ternak di Peternakan Taret Jaya, Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. 

Mesin pengaduk pakan ternak diserahkan  kepada Kelompok Peternakan Taret Jaya yang sebelumnya dirancang khusus oleh Tim Dosen Penerima Hibah Pengabdian kepada Masyarakat Tingkat Jurusan (PMTJ) UBB tahun  2023.

BACA JUGA:Biologi UBB Sukses Gelar Pengabdian, Inisiasi Bank Sampah Hingga Budidaya Maggot

Mesin pengaduk makan tersebut dirancang untuk meningkatkan efisiensi dalam proses pembuatan pakan ternak. Diharapkan dengan kapasitas dan fitur canggih yang dimiliki oleh mesin tersebut, dapat membantu Kelompok Peternakan Taret Jaya Desa Air Anyir dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi ternak secara lebih efisien.

"Kami sangat senang dapat berkontribusi pada pengembangan peternakan lokal melalui penggunaan teknologi terbaru. Mesin pengaduk pakan ternak ini akan membantu peternak dalam menghemat waktu dan tenaga, sehingga mereka dapat fokus pada aspek-aspek lain dalam usaha peternakan," ungkap Ketua Tim PMTJ Tahun 2023 Jurusan Teknik Mesin UBB, Saparin, Jumat (4/8). 

BACA JUGA:Tim Pengabdian Teknik Mesin UBB Serahkan Alat Bantu Jalan Tunadaksa

Atas bantuan yang diberikan Tim PMTJ UBB ini Ketua Kelompok Peternakan Taret Jaya, Fachrudin mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap kontribusi yang diberikan oleh tim PMTJ UBB. 

"Kami merasa sangat terbantu dengan adanya mesin ini. Proses pengadukan pakan ternak menjadi lebih cepat dan efisien, dan kami berharap ini akan berdampak positif pada produktivitas ternak kami." kata Fachrudin. 

BACA JUGA:Kerjasama Bappeda dengan IPB dan UBB, Riset Karbon pada Mangrove

Sementara itu Kepala Desa Air Anyir, Syamsul Bahari menyampaikan ingin mempererat kerjasama dengan Teknik Mesin UBB. Ia mengusulkan agar dibentuk perjanjian kerjasama yang resmi antara pihak desa dan Teknik Mesin UBB dalam rangka mengembangkan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami hari ini telah menyaksikan kontribusi luar biasa dari para dosen Teknik Mesin UBB dalam pengembangan peternakan di Peternakan Taret Jaya. Ke depannya saya berharap untuk menjalin perjanjian kerjasama yang formal, yang mencakup berbagai aspek pengembangan mesin, seperti pengelolaan sampah, pembuatan makanan ikan, dan teknologi tambak modern," ujarnya.

BACA JUGA:Prodi Perikanan Tangkap UBB Siap Tingkatkan Mutu Pemanfaatan Sumber Daya Perairan

Ia lanjutkan, Desa Air Anyir berharap dapat menjadi desa binaan bagi UBB guna bersama-sama mewujudkan kemajuan yang berkelanjutan. Ia harapkan pula, kegiatan hibah PMTJ UBB ini dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya untuk lebih aktif terlibat dalam upaya pengembangan masyarakat melalui penelitian dan pengabdian. 

"Semoga mesin pengaduk pakan ternak ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perkembangan sektor peternakan di Kabupaten Bangka," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: