Anak Kecanduan Gadget, Ini Ciri dan Solusinya

Anak Kecanduan Gadget, Ini Ciri dan Solusinya

Ilustrasi --Ist

BACA JUGA:Suka Minum Teh Pagi Hari, Ketahui 5 Manfaatnya

Orang tua perlu membuat aturan jelas dan mengatur batas waktu yang diizinkan untuk anak dalam mengakses gadgetnya. Orang tua dapat membantu memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang konsekuensi penggunaan gawai secara berlebihan. Hal tersebut dapat membantu anak-anak memahami pentingnya membuat batasan dengan penggunaan platform digital.

Cara lain yang bisa diterapkan yaitu membuat zona bebas gawai di rumah contohnya di ruang belajar, ruang makan, atau kamar tidur. Membuat zona bebas gawai dapat mengalihkan anak-anak dari gawainya.

BACA JUGA:Jaga Elastisitas Kulit dengan Konsumsi Suplemen Kolagen Sejak Usia 20 Tahun

Ketika anak tengah memainkan gadget, sebaiknya orang tua perlu menemani karena dapat membantu mengembangkan ikatan hubungan antara orang tua dan anak.

Mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik dan permainan kreatif juga merupakan langkah efektif untuk mengurangi waktu penggunaan gadget karena selain dapat melatih fisik mereka, kegiatan tersebut juga berdampak positif pada kemampuan kognitif anak.

BACA JUGA:Kolesterol Naik Setelah Idul Adha, Turunkan Secara Alami dengan 5 Buah Ini

"Secara rutin mengawasi penggunaan media digital pada anak merupakan hal penting untuk menjaga kesejahteraannya. Orang tua dapat segera melakukan intervensi jika mereka menemukan masalah dan tetap mengetahui tentang aktivitas daring anak mereka demi melindunginya dari potensi bahaya," ujar Arvind.(*)

BACA JUGA:Rambut Organ Intim Perlu Dicukur Gak Sih?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: