Pj Suganda Tegaskan, 'Maling Besar' Sudah Ditindaklanjuti KPK

Pj Suganda Tegaskan, 'Maling Besar' Sudah Ditindaklanjuti KPK

--

BABELPOS.ID.- Meski bergulirnya 'maling besar' ke KPK bukan bersifat laporan, melainkan koordinasi, namun tampaknya Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr Suganda Pandapotan Pasaribu tetap on the track dan serius menyeret kasus itu ke ranah hukum.

Berbagai penilaian negatif dan bahkan dianggap bikin gaduh, namun tampaknya tak membuat surut Sekjend Ombusman RI itu untuk tetap mengangkat dugaan penyimpangan berskala 'jumbo' tersebut.

Terlebih lagi, salah satu kasus dengan indikasi kerugian negara yang cukup besar yaitu di RSUP Air Anyir, tengah diusut Polres Bangka yang mendapat atensi langsung dari Kapolda Babel, Irjend yan Sultra.  Untuk kasus ini, meski tidak secara tegas menyatakan itu adalah salah satu 'maling besar' yang ia maksudkan, namun Pj Suganda menyatakan mendukung penuh pengusutan yang tengah dilakukan Polda dan jajarannya itu.

BACA JUGA:Pj Suganda Dukung Penuh Polisi Usut 'Maling Besar' di RSUP

''KPK sudah menindaklanjutinya,'' ujar Suganda kepada BABELPOS.ID Sabtu (1/7) lalu.

Di sisi lain, Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK RI, Didik Agung Widjanarko mengakui Pj Suganda ada berkoordinasi dengan pihaknya. 

"Kalau beliau melaporkan (dugaan tipikor), berarti itu ke pengaduan masyarakat. Kalau berkaitan dengan tata kelola pemerintahan itu ke kami. Intinya sepanjang itu mau koordinasi, kami menerima. Siapapun, kalau mau dikoordinasikan datang ke kami," imbuhnya.

BACA JUGA:'Maling Besar' Tetap Misteri? Ke KPK, Pj Gubernur Temu Deputi Didik

Pj Suganda sendiri menegaskan, Pemprov Babel tidak main-main dalam persoalan akuntabilitas. Pencegahan harus diutamakan guna antisipasi sebelum terjadi korupsi, tentunya dengan tata kelola yang baik harus didahulukan. 

''Namun jika ada yang masih membandel, kalau ada niat untuk korupsi, maka silakan bapak/ibu (KPK), proses sesuai ketentuan yang berlaku. uang negara harus diselamatkan, kepercayaan rakyat harus terus kita jaga," tegasnya. 

BACA JUGA:Menjaga Esensi 'Maling Besar'

Bahkan, untuk kasus di RSUP, Pj Suganda meminta jajaran Polda untuk mengusut sampai tuntas semua dugaan yang terjadi.  Ia mendukung penuh pihak kepolisian yang telah memulai mengusut salah satu dugaan 'maling besar' itu.

"Ya momen istimewa (HUT Polri).  Kita dukung penuh pokoknya," kata Pj Suganda yang saat itu didampingi Kapolda Babel Irjend Yan Sultra.

BACA JUGA:Kapolda Dukung Usut 'Maling Besar', Dimulai dari Selidiki Tipikor RSUP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: