Ini Pemenang Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023

Ini Pemenang Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023

--

SETELAH melewati proses panjang dan karantina, pemenang Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung akhirnya jatuh pada pasangan Nandi Agustian dan Riska Zulpiana. 

Keduanya terpilih pada Puncak Penganugerahan Duta Bahasa yang berlangsung Sabtu, 20 Mei 2023 di Hotel Bangka City. Atas keberhasilan tersebut Nandi dan Riski bakal mewakili Provinsi Babel untuk ajang yang sama pada tingkat nasional nanti.

Kepala Kantor Bahasa Babel, Muhammad Irsan, S.S M.Hum., mengatakan bahwa menjadi seorang Duta Bahasa tentunya memiliki peran dan fungsi yang penting dalam mengembangkan kebahasaan dan kesastraan di Provinsi Bangka Belitung. 

"Tugas yang diamanahkan tersebut, yakni sebagai garda depan dalam mengawal dan mendukung upaya pemartabatan bahasa negara, menjadi teladan dalam berbahasa dan sebagai perekat kehidupan berbangsa dalam bingkai NKRI, serta menjadi mitra Kantor Bahasa untuk berkontribusi dalam pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya di bidang kebahasaan dan kesastraan, literasi, dan kebudayaan," kata Irsan.

Tim juri yang memberikan penilaian kepada para finalis, di antaranya Muhammad Irsan, S.S., M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Babel), Dr. Hj. Etty Fahriaty, S.Pd., I., M.Pd. (Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pangkalpinang), Emil Via Sari (Praktisi Wicara), Ahmadi Sofyan (Penulis Buku dan Pemerhati Sosial), Primalita Putri Dislina, M.Psi., dan Oka Arizona, S.Pi., M.Sc. (Alumnus Duta Bahasa Babel).

Hasil keputusan juri menyatakan lima pasang finalis sebagai pemenang Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2023.

Sebelumnya, para finalis telah mengikuti rangkaian kegiatan Santiaji yang diadakan oleh panitia kegiatan, di antaranya unjuk bakat, monolog tiga bahasa, wawancara mendalam, dan presentasi krida duta bahasa. 

Kegiatan ini merupakan implementasi  Program Prioritas Badan Bahasa, yaitu Literasi Kebahasaan dan Kesastraan, Pelindungan Bahasa dan Sastra Daerah, serta Internasionalisasi Bahasa Indonesia. 

Selain itu, dasar hukum kegiatan ini ialah UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan dan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa dan Sastra serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia.(**)

 

Daftar Pemenang Duta Bahasa Babel Tahun 2023.

Pemenang I Nandi Agustian dan Riska Zulpiana 

Pemenang II Bram Tirta dan Fauziyah Shabirah 

Pemenang III Muhammad Rafiq dan Esti Yulandari 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: