Jaga Netralitas, Polres Bateng Gandeng Bawaslu Beri Sosialisasi ke Personil

Jaga Netralitas, Polres Bateng Gandeng Bawaslu Beri Sosialisasi ke Personil

Sosialisasi netralitas Polri jelang Pemilu 2024 yang digelar Polres Bateng.--

BABELPOS.ID, KOBA - Menjaga netralitas personil Polri dalam tahapan pemilu serentak tahun 2024 mendatang, Polres Bangka Tengah (Bateng) mengandeng Bawaslu Bateng untuk memberikan pemahaman tentang netralitas Polri dalam berpolitik lewat sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Prasawirya pada Rabu (15/3/2023).

Polres Bangka Tengah melalui Bagian SDM dan Seksi Hukum melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan materi undang-undang nomor 7 tahun 2017 dan undang-undang netralitas TNI/Polri dalam Pemilu.

Kegiatan sosialisasi hukum tersebut diikuti oleh personil Polres Bangka Tengah, khususnya para personil Bhabinkamtibmas yang merupakan ujung tombak Polri dalam pelaksanaan tugas ditingkat Desa.

Kompol Jhon Pitter Tampubolon, SH selaku Kabag SDM saat mewakili Kapolres Bangka Tengah AKBP Dwi Budi Murtiono, S.IK, MH mengatakan kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah Polres Bangka Tengah dalam menghadapi tahapan pemilu serentak tahun 2024, salah satunya untuk memberikan pemahaman kepada personil tentang netralitas anggota Polri saat pemilu itu berlangsung.

"Kegiatan sosialisasi ini merupakan kesiapan kita dalam rangka menghadapi Pemilu tahun 2024 mendatang, hingga saat ini tahapan sudah berlangsung dan saya harap rekan-rekan ini langsung bertanya kepada narasumber terkait apa saja yang menjadi larangan selama melaksanakan tugas di lapangan," terangnya.

BACA JUGA:Kendala Satresnarkoba Polres Bateng dalam Ops Antik Menumbing, Sulit Sinyal Hingga Kurang Personil

Kemudian Kompol Jhon Pitter juga mengatakan kepada peserta sosialisasi agar kedepan mempersiapkan diri mengingat tahapan pemilu serentak memiliki tahapan yang panjang. 

"Rekan-rekan juga harus mempersiapkan diri terutama fisik, mengingat tahapan pemilu yang panjang, khususnya bhabinkamtibmas jangan sampai menjadi pemicu terjadinya konflik terkait pelaksanaan pemilu itu sendiri," tuturnya.

"Jangan sampai anggota ada yang tidak paham akan politik praktis, sehingga rekan-rekan sendiri yang menjadi korban dan kegiatan ini jangan cuma dijadikan kegiatan formalitas saja dan harus benar-benar belajar dan manfaatkan apa yang disampaikan oleh narasumber," tambahnya.

BACA JUGA:Tonggak Keamanan Desa, Kapolres Bateng : Bhabinkamtibmas Kita Pandaikan

Sementara itu, Robianto, SE, MH selaku Ketua Bawaslu Bangka Tengah berterimakasih kepada Polres Bangka Tengah.

Ia mengatakan ini merupakan langkah awal yang bagus sebagai upaya Polres Bangka Tengah mempersiapkan diri dalam mengawal jalannya pelaksanaan pemilu serentak mendatang.

"Tadi saya berbincang dengan Kabag SDM, yang mana perlu diketahui bahwa tahapan pemilu ini cukup panjang, nah apa yang kemudian menjadi perhatian diantaranya ada beberapa pemilu yang berbeda dalam waktu yang hampir bersamaan, sehingga hal ini menjadi perhatian lebih dari aparat Kepolisian selaku pengamanan," jelasnya.

BACA JUGA:Jumat Curhat di Lubuk Pabrik, Warga Sampaikan Ini ke Kapolres Bateng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: