Jaga Netralitas, Polres Bateng Gandeng Bawaslu Beri Sosialisasi ke Personil

Jaga Netralitas, Polres Bateng Gandeng Bawaslu Beri Sosialisasi ke Personil

Sosialisasi netralitas Polri jelang Pemilu 2024 yang digelar Polres Bateng.--

Dia menegaskan netralitas TNI/Polri merupakan hal yang mutlak. Pihaknya selaku pengawas juga harus netral dalam melakukan pengawasan.

"Kemudian mungkin muncul pertanyaan bagaimana jika ada kerabat dari anggota TNI/Polri yang mencalonkan diri menjadi calon atau peserta pemilu lainnya, tentunya hal itu ada batasan-batasan yang diatur oleh aturan maupun perundang-undangan," tuturnya.

"Dalam UU no 2 tahun 2002 ada pasal yang mengatur bahwa anggota Polri tidak melibatkan atau terlibat dalam kegiatan Politik. Kami juga berharap nantinya contoh seperti anggota Bhabinkamtibmas harus mengetahui aturan khususnya yang terkait tahapan pemilu," ucapnya.

BACA JUGA:Jumat Curhat, Kapolres Bateng Dengar Keluhan Warga Simpangkatis Terkait Knalpot Racing Hingga Narkoba

"Kami ibaratkan Bhabinkamtibmas ini Kapolseknya di tingkat desa yang mana masyarakat akan bertanya kepada Bhabinkamtibmas, sehingga personil Bhabinkamtibmas pun harus paham aturan tersebut," sambungnya.

Ia berharap kegiatan seperti ini bisa kembali dibahas, mengingat kegiatan seperti ini sangat penting, khususnya bagi para anggota Bhabinkamtibmas.

"Nanti kita upayakan seperti membangun Mou antara Bawaslu dan Polres, sehingga kegiatan sosialisasi ini bisa kita laksanakan secara berkesinambungan," imbuhnya. (*)

BACA JUGA:Baru Menjabat Kapolres Bateng Sambangi Warga Sungaiselan Lewat Jumat Curhat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: