Dua Tahun Kepemimpinan Riza-Debby, IPM Naik, Kemiskinan Pengangguran Turun

Dua Tahun Kepemimpinan Riza-Debby, IPM Naik, Kemiskinan Pengangguran Turun

Yuri Siswanto --

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dua tahun masa kepemimpinan Riza Herdavid dan Debby Vita sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan (Basel) mencatat banyak kemajuan di Bumi Junjung Besaoh.k

Beberapa peningkatan misalnya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang didukung meningkatnya pendidikan, Kesehatan dan daya beli masyarakat. Sebaliknya angka pengangguran dan kemiskinan menurun.

Keberhasilan ini hasil dari program pembangunan dan penanggulangan kemiskinan Riza-Debby berjalan sangat efektif.

Bupati Riza Herdavid melalui Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Basel selaku Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) Yuri Siswanto menyampaikan, sampai tahun ini sekitar 900an jiwa penduduk miskin berhasil terentaskan. 

"Penurunan angka kemiskinan ini cukup signifikan mengingat dampak pandemi Covid-19 yang terjadi tahun sebelumnya telah menyebabkan dampak sosial dan ekonomi masyarakat," ungkapnya, Kamis (02/03).

BACA JUGA:Aik Bakung di Rajik, Ini Curhat Warga ke Bupati Riza

Mengacu data dari Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan penduduk Bangka Selatan Tahun 2022 turun menjadi 3,22 %, yaitu setara dengan 900an jiwa penduduk miskin yang terentaskan.

"Selain itu, pencapaian ini juga lebih baik dari angka yang ditargetkan Perda RPJMD Bangka Selatan tahun 2022 yang penurunannya sebesar 3,52% dan bisa dibilang penurunan ini berhasil atas adanya upaya semua pihak," jelasnya.

Ditambahkan Yuri, dengan target tersebut maka persentase pencapaiannya mencapai 108 %. Ini berarti program penanggulan kemiskinan sudah berjalan efektif. 

"Sejalan dengan semangat dan tujuan pembentukan kabupaten, perkembangan angka kemiskinan menunjukkan keberhasilan tujuan tersebut," ujar Yuri.

BACA JUGA:Dua Hari Ngantor di Desa Rajik, Bupati Riza Disambut Meriah

Dikatakannya berbagai program penanggulangan kemiskinan telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan tahun 2022 lalu, antara lain pembangunan/rehabilitasi rumah layak huni, bantuan usaha mikro rumah tangga, jaminan kesehatan gratis, bantuan perlengkapan sekolah serta berbagai bantuan langsung lainnya.

"Hampir semua program tersebut kembali dilanjutkan tahun ini, bahkan dengan jumlah sasaran yang lebih besar dibandingkan sebelumnya," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Hebat!! Bupati Riza Herdavid Terima Penghargaan Indonesia Visionary Leader 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: