Tugu Palu Diresmikan, Ini Maknanya

Tugu Palu Diresmikan, Ini Maknanya

Bupati Mulkan, Ketua DPRD Babel dan para Tokoh Presidium Babel menggunting pita peresmian Tugu Palu. --

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Tugu Palu Pengesahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Lingkungan Air Kenanga Sungailiat diresmikan Sabtu (11/2/2023).

Peresmian tugu berbentuk palu dengan alas ketuknya ini, dilakukan dengan pengguntingan pita dan pembukaan selubung tugu oleh Bupati Bangka Mulkan SH MH didampingi Ketua DPRD Babel Herman Suhadi, Tokoh Presidium Bangka Belitung, Datuk Imron Pangkapi, Ny Noerhari Astuti Eko Maulana Ali dan presidium lainnya.

Tugu Palu Pengesahan Babel sebagai provinsi ke-31 di Indonesia yang terpisah dari Sumatera Selatan ini menjadi simbol persatuan di Bumi Serumpun Sebalai.

Tugu di pinggir jalan Sungailiat - Pangkalpinang ini juga dipersembahkan kepada para tokoh Presidium Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama seluruh masyarakat yang berjuang hingga Provinsi Babel 'diketok palu' pada 21 November 2000.

"Keberadaan tugu palu ini menjadi salah satu bentuk apresiasi kita generasi saat ini atas jasa tokoh-tokoh pendiri Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Semoga kita semua termotivasi untuk memberi yang terbaik bagi Bangka Belitung yang kita cintai," ujar Bupati Mulkan.

BACA JUGA:Mulkan Ngopi Bareng Tokoh Presidium Babel, Ini yang Dibicarakan

Bupati Mulkan mengatakan, Bangka Belitung merupakan daerah majemuk, terdiri dari berbagai latar belakang dan kepentingan masyarakatnya. Meski berbeda pandangan maupun cara, dia mengajak semua elemen menyatukan rasa jika bicara tujuan menyejahterahkan masyarakat dan mencapai keberhasilan pembangunan.

"Itulah kelebihan kita, meski berbeda-beda pandangan, tapi jika bicara pembangunan, tujuan kita satu, sasaran kita sama, ingin Bangka Belitung ini sejahtera, mau pembangunan kita berhasil," katanya.

BACA JUGA:Kejutkan Wartawan, Ini Harapan Bupati Mulkan

Tugu ini diharapkan Mulkan dapat dijaga oleh masyarakat dan jangan sampai dirusak tangan-tangan jahil.

"Silakan datang melihat, berkunjung, tapi mari kita jaga dengan baik, ini milik kita bersama," ucapnya.

BACA JUGA:Tinjau Pembangunan Gapura Pagarawan, Bupati Mulkan Cek Ini

Sedangkan Datuk Imron Pangkapi mengatakan, keberadaan Tugu Palu Pengesahan Provinsi ke-31 Kepulauan Bangka Belitung, bukti sejarah perjuangan masyarakat Babel berjuang hingga pemerintah mengesahkan Provinsi Babel.

"Masyarakat Babel, berterima kasih kepada pak Bupati Bangka yang telah membangun tugu ini, sebagai tugu peringatan Provinsi ke-31 Kepulauan Babel, bahwa masyarakat dulu pernah bersama-sama bertujuan untuk melahirkan provinsi ini," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: