DANREM 045/GAYA DAMPINGI PANGDAM II/SRIWIJAYA TANAM TERUMBU KARANG DI SEKITAR PULAU BURUNG

DANREM 045/GAYA DAMPINGI PANGDAM II/SRIWIJAYA TANAM TERUMBU KARANG DI SEKITAR PULAU BURUNG

Pangdam II Sriwijaya bersama jajaran Korem 045/Gaya melakukan transplantasi karang di Belitung.--

BABELPOS.ID, TANJUNGPANDAN - Pulau Belitung, khususnya Pulau Burung di wilayah Tanjung Kelayang, memiliki wilayah laut yang indah dan sering dijadikan sumber kehidupan bagi masyarakatnya. Sehingga banyak terumbu karang yang harus dijaga di laut, karena itu peran seluruh elemen masyarakat, termasuk TNI terhadap lingkungan sangat diperlukan untuk kepentingan kelestarian alam dan pariwisata khususnya wisata bahari.

Terkait hal itu, pada Jumat 09 Desember 2022, Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Ujang Darwis, MDA mendampingi Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., bersama kelompok Pemerhati Ekosistem dan Biota Laut KEK Tanjung Kelayang, kelompok PELITA (Pecinta Lingkungan Tanjung Kelayang) dan Garude Care Diving, melakukan transplantasi dan budi daya serta penanaman terumbu karang di area laut sekitar kawasan Pulau Burung, Tanjung Kelayang, Belitung.

Kegiatan bersama dengan Pencinta Lingkungan Tanjung Kelayang tersebut diwujudkan dalam bentuk transplantasi Substrat dan penanaman sekitar 500 Terumbu Karang yang ditanam pada kegiatan ini dan di tanam di titik 20 sampai dengan 30 meter dari bibir pantai dengan kedalaman 12 meter.

Menurut Pangdam, kegiatan penanaman terumbu karang itu dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap kerusakan lingkungan dan biota laut di Wilayah Pantai Wisata khususnya di Pulau Belitung, yang rusak akibat pencemaran lingkungan yang berasal dari sampah plastik. Hal ini sejalan dengan tema HUT Provinsi Babel Tahun 2022 ini, "Hijau Biru Babelku".

BACA JUGA:PANGDAM II/SRIWIJAYA RESMIKAN MARKAS KODIM 0432/BASEL

BACA JUGA:Danrem Bersama Forkopimda Jemput Kedatangan Pangdam II/Swj di Bangka

Pangdam juga berharap, dengan digalakkannya penanaman terumbu karang, akan memperbaiki kembali ekosistem laut yang telah rusak, sehingga dapat mengembalikan biota laut yang hidup di dalamnya untuk kemakmuran masyarakat sekitar.

Beberapa pejabat pun turut dan ikut serta dalam kegiatan menanam terumbu karang diantaranya, Kasdam II Sriwijaya, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Danrem 045/Gaya, Asrendam, Para Asisten Kasdam, Para Kasi Korem 045, beberapa Kabalak seperti, Kakesdam II/Swj, Kajasdam II/Swj, Kapendam II/Swj dan Dandim 0414/Belitung. (**)

BACA JUGA:Kodim 0432/Basel dan Yonif 147/KGB Resmi Berdiri

BACA JUGA:Kodim 0432 dan Batalyon 147 Resmi Beroperasional, Siap Rekrut Putra Putri Babel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: