Kodim 0432 dan Batalyon 147 Resmi Beroperasional, Siap Rekrut Putra Putri Babel

Kodim 0432 dan Batalyon 147 Resmi Beroperasional, Siap Rekrut Putra Putri Babel

--

BABELPOS.ID, NAMANG - Upacara peresmian Kodim 0432/Bangka Selatan dan Batalyon Infanteri 147/Ksatria Garuda Jaya di Desa Jelutung, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) berlangsung khidmat pada Kamis (8/12/2022).

Peresmian tersebut bahkan dihadiri Panglima Kodam (Pangdam) II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi yang bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) dan menandatangani prasasti peresmian.

"Kedatangan saya disini dengan 2 agenda penting, yakni meresmikan Kodim 0432/Bangka Selatan dan Batalyon Infanteri 147/Ksatria Garuda Jaya, yang mana keduanya resmi beroperasional," ujarnya kepada babelpos.id.

Kata Dia, pembentukan Kodim 0432 dan Batalyon 147 ini sudah lama dipersiakan  mulai dari menyusun personil, material dan lain-lain dengan tujuan TNI Angkatan Darat khususnya bisa melakukan pembinaan teritorial dan fungsi tempur sebagai bagian dari pelaksanaan tugas pokok TNI.

Sementara itu, untuk pemenuhan personil, ia mengatakan pihaknya saat ini mengambil dari lingkungan Bangka Belitung itu sendiri.

"Sementara ini untuk pemenuhan personil kalau bahasa kita namanya arisan, yaitu ngambil di lingkungan kita sendiri, karena kalau kita minta dari luar ada birokrasi yang perlu kita lewati, kalau di sini kan kita sendiri yang langsung bisa mengeluarkan surat perintah dan sekarang kesatuan personil sudah 40 persen," jelasnya.

"Jadi kita memang ngambil Putra/Putri daerah terlebih dahulu, bahkan kita sudah melaksanakan beberapa pendidikan, baik Tamtama dan Bintara, yang mana sebagian nanti kita akan tarik untuk kita tempatkan di wilayah Bangka Belitung," sambungnya.

Ia juga mengatakan untuk pola pertahanan, Indonesia masih menggunakan sistem pertahanan rakyat semesta yakni pertahanan pulau-pulau besar sebagai kompartemen strategis dan Bangka Belitung adalah bagian dari kompartemen strategis itu dalam pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia pun berharap pembentukan Batalyon 147 dan Kodim Bangka Selatan dapat terus melakukan pembinaan, memelihara   sarana prasarana yang ada, dan terus meningkatkan sinergitas dengan seluruh elemen TNI/Polri.

"Kita juga harus bisa membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah Bangka Belitung," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: