Bateng Raih Tujuh Penghargaan Pengutamaan Bahasa Negara

Bateng Raih Tujuh Penghargaan Pengutamaan Bahasa Negara

Penerima penghargaan pengarusutamaan bahasa negara oleh Kantor Bahasa.--

BACA JUGA:Apresiasi Pengutamaan Bahasa Negara, Enam Lembaga di Pangkalpinang Dapat Penghargaan

"Bagi lembaga yang memiliki perubahan serta berkomitmen untuk mengutamakan bahasa negara di lembaganya akan mendapatkan apresiasi dari Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujarnya.

Ia pun menjelaskan bahwa indikator keberhasilan kegiatan ini mencakup empat hal, yakni sinergisitas, sikap bahasa, peningkatan kualitas, dan regulasi. 

"Saat ini sinergisitas antara KBP Babel dan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah serta pihak-pihak terkait sudah cukup baik," ucapnya.

BACA JUGA:Bacakan Puisi, Gubernur Ajak Masyarakat Gunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah

Ia mengatakan selain sinergitas, sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia pada beberapa lembaga juga sudah cukup baik. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan kualitas penggunaan bahasa negara di lembaga tersebut. 

"Kita harap akan ada regulasi yang diterbitkan oleh Pemda Kabupaten Bangka Tengah yang berkaitan dengan kebahasaan dan kesastraan, khususnya regulasi perda kebahasaan dan kesastraan di Kabupaten Bangka Tengah," harapnya.

BACA JUGA:Pisah Sambut Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung

Acara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pemberian apresiasi kepada lembaga-lembaga yang memiliki komitmen mengutamakan bahasa negara.

BACA JUGA:Apresiasi Pengutamaan Bahasa Negara, Enam Lembaga di Pangkalpinang Dapat Penghargaan

Pemberian apresiasi ini dibagi menjadi 5 kategori, yaitu kategori lembaga pemerintah (Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah sebagai Terbaik 1), kategori SMA (SMAN 1 Koba sebagai Terbaik 1 dan SMAN 1 Pangkalan Baru sebagai Terbaik 3), kategori SMP (SMPN 1 Koba sebagai Terbaik 1 dan SMPN 1 Namang sebagai Terbaik 2), kategori rumah sakit swasta (Rumah Sakit Siloam Bangka sebagai Terbaik 3), dan kategori hotel (Hotel Soll Marina Bangka sebagai Terbaik 1). 

Pada kegiatan apresiasi tahun ini, Kabupaten Bangka Tengah berhasil mendapatkan penghargaan terbanyak, yaitu tujuh penghargaan. Piagam penghargaan diserahkan langsung Sekda Bangka Tengah, Sugianto didampingi oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA:Pisah Sambut Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung

Selain pemberian apresiasi, kegiatan ini juga diisi dengan evaluasi penilaian oleh narasumber dari Kantor Bahasa Babel, yakni Surya Eka Prayoga, S.S., dan Pradipta Putra Pratama, S.S., serta diakhiri dengan penyampaian program Kantor Bahasa Babel oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi kepulauan Bangka Belitung.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: