Bateng Raih Tujuh Penghargaan Pengutamaan Bahasa Negara

Bateng Raih Tujuh Penghargaan Pengutamaan Bahasa Negara

Penerima penghargaan pengarusutamaan bahasa negara oleh Kantor Bahasa.--

BABELPOS.ID, PANGKALAN BARU - Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Evaluasi dan Apresiasi Pengutamaan Bahasa Negara pada Lembaga di Kabupaten Bangka Tengah. 

Kegiatan yang bertempat di Hotel Soll Marina Bangka ini merupakan kegiatan akhir dari rangkaian kegiatan Pengutamaan Bahasa Negara tahun 2022 yang melibatkan 15 lembaga di Kabupaten Bangka Tengah, di antaranya lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, rumah sakit swasta, dan hotel. 

BACA JUGA:Apresiasi Pengutamaan Bahasa Negara, Enam Lembaga di Pangkalpinang Dapat Penghargaan

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan realisasi salah satu dari tiga program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (literasi) yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan Pembinaan Penggunaan Bahasa Negara di 45 Lembaga di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Kegiatan pembinaan ini diawali dengan penentuan 45 lembaga yang akan diikutsertakan kegiatan ini, yaitu Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah, dan Kabupaten Bangka.

BACA JUGA:Bacakan Puisi, Gubernur Ajak Masyarakat Gunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Sugianto dalam sambutannya menyatakan dukungannya terhadap kegiatan Kantor Bahasa Babel.

"Di tengah kuatnya arus media sosial, bahasa merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai. Kemampuan berbahasa yang baik harus dituntut dari aparatur sipil dan lembaga pemerintahan," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Sugianto mengatakan pengutamaan berbahasa harus menjadi kewajiban semua pihak. Selain itu, pemerintah Kabupaten Bangka Tengah mendukung ditetapkannya kawasan di Kabupaten Bangka Tengah yang nantinya akan dijadikan sebagai lembaga percontohan dalam pengutamaan bahasa negara. 

BACA JUGA:Pisah Sambut Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung

"Kita harap bahwa kegiatan seperti ini dapat mendorong hal-hal terkait kebahasaan minimal melalui muatan lokal di sekolah-sekolah," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KBP Babel), Muhammad Irsan menjelaskan bahwa kegiatan ini dimulai sejak bulan Februari 2022 dimana tim mengawali rangkaian kegiatan Pengutamaan Bahasa Negara pada Lembaga di Kabupaten Bangka Tengah dengan melakukan audiensi ke Sekretaris Daerah dan Kepala OPD di Kabupaten Bangka Tengah. 

"Setelah beraudiensi, tim melakukan pengambilan data di 15 lembaga terpilih terkait penggunaan bahasa di ruang publik dan tata naskah surat dinas. Selanjutnya, tim menganalisis data yang telah diperoleh," ujarnya.

Dilanjutkan Muhammad Irsan, pada bulan Mei 2022 lalu, tim mengadakan sosialisasi hasil pengumpulan data untuk selanjutnya dipaparkan hasil analisis data tersebut kepada tiap perwakilan lembaga. Setelah itu, tim melakukan fasilitasi dan pendampingan kepada lembaga-lembaga yang diteruskan dengan pengambilan data ulang sebagai bentuk tindak lanjut dari hasil sosialisasi. Pada bulan September 2022, tim memberikan penilaian kepada tiap lembaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: